Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsMetropolitanRatusan Mahasiswa Gelar Demo di Depan Gedung DPR, Tolak Pemekaran Papua

Ratusan Mahasiswa Gelar Demo di Depan Gedung DPR, Tolak Pemekaran Papua

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sekitar 150 mahasiswa Papua dan Papua Barat menggelar demonstrasi untuk menolak pemekaran Papua di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dikutip dari pantauan CNNIndonesia.com, Rabu (26/6), puluhan aparat kepolisian berjaga di lokasi demonstrasi. Gerbang utama Gedung DPR juga tampak dipasang kawat berduri.

BACA JUGA : Kawat Berduri Dipasang di Depan Gedung DPR Jelang Demo Mahasiswa Hari Ini

Massa pun terlihat membawa atribut aksi, salah satunya spanduk bertuliskan, “Menolak Tegas Deklarasi DOB Papua Oleh Bupati Mimika”.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng sempat mendeklarasikan dukungan rencana daerah otonom baru (DOB) Papua dan otonomi khusus (Otsus) Jilid II. Hal ini dibantah oleh sejumlah aktivis Papua, dan menganggap Eltinus tidak mewakili warga Papua.

“[Kami] menolak pemekaran di Papua, karena tidak memenuhi syarat dan pemekaran akan memberikan dampak buruk bagi masyarakat adat, atas hak tanah dan kekayaan mereka,” ujar aktivis Papua Ambrosius Mulait saat dihubungi.

BACA JUGA : Sempat Memanas! Massa Demo RKUHP Bakar Spanduk di Depan Gerbang DPR

“Justru adanya pemekaran akan memberikan akses investasi besar-besaran masuk Papua dan pemilik ulayat akan termarginalisasi, tersingkir dari tanahnya,” tegas Ambrosius.

Salah seorang orator mengungkapkan tuntutan massa aksi juga bertemu dengan perwakilan Komisi II DPR.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Seorang Pria Membabi Buta Tembak Orang di Cetinje Montenegro, 10 Tewas

NUSADAILY.COM – CETINJE – Seorang pria bersenjata tembak mati sepuluh orang di Cetinje, Montenegro pada Jumat (12/8/2022). Namun nahas pria tersebut kemudian dibunuh oleh...