Kamis, Januari 27, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanPUPR: Pentingnya Sistem Pengendali Jalan Tol Untuk Tertibkan ODOL

PUPR: Pentingnya Sistem Pengendali Jalan Tol Untuk Tertibkan ODOL

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pentingnya membangun sistem pengendali jalan tol atau toll road control system yang baik dalam rangka menertibkan kendaraan yang “over dimension over loading” (ODOL).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan bahwa penggunaan teknologi weight in motion (WIM) untuk menertibkan kendaraan-kendaraan ODOL sudah dijalankan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : PUPR: Layanan Jalan Tol saat ini dalam Kondisi Kurang Baik – Nusadaily.com

“Kendati demikian kami perlu membangun toll road control system yang baik. Dalam rangka mengidentifikasi dan melacak kendaraan-kendaraan ODOL,” ujar Hedy dalam konferensi internasional daring mengenai operasional dan pemeliharaan jalan tol di Jakarta, Rabu.

Kementerian PUPR menyebut kendaraan-kendaraan ODOL ini merupakan salah satu tantangan yang dihadapi dalam sektor jalan tol di Indonesia.

Terkait hal ini Ditjen Bina Marga telah berdiskusi dan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA : Kementerian PUPR Meminta Bank Pelaksana FLPP Jaga Kualitas Rumah Subsidi – Noktahmerah.com

Dalam paparannya, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian juga menyampaikan bahwa saat ini teknologi WIM untuk menertibkan kendaraan ODOL telah terpasang di empat ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga. Antara lain ruas tol Semarang, Surabaya Gempol, Jagorawi dan Ngawi-Kertosono.

Tiga Lokasi Yang Akan Dipasang Teknologi WIM

Kemungkinan terdapat tiga lokasi tambahan yang akan dipasangi teknologi WIM. Yakni ruas tol Jakarta-Tangerang, JORR seksi E dan ruas tol Cipularang.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan program “Bebas Over Dimensi dan Over Load (ODOL) atau kelebihan muatan dan dimensi pada 2023.

BACA JUGA : Kementerian PUPR Menyiapkan Rp90 Miliar Bedah 4.500 Rumah di Jambi – Imperiumdaily.com

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta jajaran Ditjen Perhubungan Darat untuk tetap fokus melakukan berbagai upaya untuk mensukseskan program tersebut.

Selanjutnya, Menhub Budi berpesan kepada seluruh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) yang ada di Indonesia untuk tetap konsisten melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang terjadi di lapangan. Seperti misalnya melakukan pemotongan kendaraan.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed