Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanProfil Pebisnis Konglomerat Surya Darmadi yang Rugikan Negara Rp 78 Triliun

Profil Pebisnis Konglomerat Surya Darmadi yang Rugikan Negara Rp 78 Triliun

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Surya Darmadi selaku pemilik PT Duta Palma dan Bupati Indragiri Hulu M Thamsir Rachman sebagai tersangka pada Senin (1/8) kemarin.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Angka fantastis itu terungkap setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Surya Darmadi selaku pemilik PT Duta Palma dan Bupati Indragiri Hulu M Thamsir Rachman sebagai tersangka pada Senin (1/8). Dalam perkara ini, Surya Darmadi dan M Thamsir Rachman tidak ditahan.

“Terhadap para tersangka tidak dilakukan penahanan karena tersangka RTR sedang menjalani pidana untuk perkara lain di lapas Pekanbaru,” kata Burhanuddin dilansir dari detikcom, Senin (1/8/2022).

BACA JUGA: Kasus Korupsi Surya Darmadi Terbesar di Indonesia, Rugikan RI hingga Rp78 Triliun

“Tersangka SD masih dalam status DPO,” imbuh Burhanuddin. Keduanya diduga terlibat korupsi terkait lahan PT Duta Palma hingga membuat negara merugi Rp 78 triliun.

ST Burhanuddin mengungkap angka kerugian keuangan dan perekonomian negara dalam kasus ini ditaksir mencapai Rp 78 triliun diperoleh dari hasil penghitungan ahli.

“Menimbulkan kerugian keuangan negara dan perekonomian negara berdasarkan hasil perhitungan ahli dengan estimasi kerugian sebesar Rp 78 triliun,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin menerangkan, dalam kasus ini, Thamsir diduga telah menerbitkan izin lokasi dan izin usaha perkebunan di kawasan Indragiri Hulu itu kepada lima perusahaan milik Surya Darmadi. Perusahaan-perusahaan itu antara lain PT Banyu Bening Utama, PT Panca Agro Lestari, PT Seberida Subur, PT Palma Satu, dan PT Kencana Amal Tani.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...