Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaNewsMetropolitanPresiden Jokowi Wajibkan Pengusaha Besar yang Bangun IKN Gandeng Pelaku Usaha Lokal

Presiden Jokowi Wajibkan Pengusaha Besar yang Bangun IKN Gandeng Pelaku Usaha Lokal

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan pengusaha besar yang mau ikut serta membangun ibu kota baru untuk melakukan kerja sama dengan pelaku usaha lokal.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Kepala Otorita IKN Buka Suara soal Saweran Bangun Ibu Kota Baru

Kewajiban tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2022 tentang Otorita IKN yang diteken Jokowi pada 18 April 2022.

Dalam Pasal 22 ayat (12) Perpres tersebut mengatur, para pelaku usaha non-kecil yang berasal dari luar Pulau Kalimantan wajib melakukan kerja sama dengan kelompok usaha kecil di Kalimantan sebagai langkah untuk memberdayakan pelaku usaha lokal.

BACA JUGA : Akankah Pembangunan IKN Mengulang ‘Janji Manis’ Jokowi di Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

“Wajib melakukan kerja sama usaha dengan pelaku usaha lokal dengan skala usaha kecil di Pulau Kalimantan dalam bentuk kemitraan, subkontrak, atau bentuk kerja sama lainnya,” demikian bunyi Perpres tersebut, dikutip Kamis (5/5).

Kendati demikian, ayat berikutnya memuat aturan pengecualian terhadap kebijakan tersebut. Pada Pasal 22 ayat (13) disebutkan, pemberdayaan dapat dikecualikan untuk paket pekerjaan dengan kemampuan teknis yang tidak dapat dipenuhi oleh pelaku usaha lokal.

BACA JUGA : KSAD Siap Kawal Pembangunan IKN, TNI AD Sudah Bangun Posko

“Pemberdayaan kepada pelaku usaha local sebagaimana dimaksud pada ayat (12) dikecualikan untuk paket pekerjaan yang menuntut kemampuan teknis yang tidak dapat dipenuhi oleh pelaku usaha lokal,” dikutip dari Perpres.

Kendati demikian, dalam aturan yang sama, khusus untuk penggunaan tenaga kerja dan material untuk pembangunan infrastruktur IKN wajib mengutamakan tenaga kerja dan material lokal.(lal)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Adu Balap Liar, Dua Remaja Asal Pungging Mojokerto Luka Parah

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Dua remaja asal Kecamatan Pungging, yakni Muhammad Fareza (19), dan Muhammad Saiful (16) alami luka parah dan kritis usai terlibat...