Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanPresiden Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano NTB

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bintang Bano NTB

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Presiden berharap bendungan itu dapat mendukung kedaulatan pangan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Bisakah Masa Jabatan Presiden Diperpanjang? Ini Menurut UUD 1945

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di Provinsi NTB.

Bendungan Bintang Bano ini memiliki kapasitas tampung yang sangat besar, 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektare dan mampu mengairi sawah 6.700 hektare,” kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (14/1/2022).

BACA JUGA : DPR: Keputusan Presiden Tambah Kursi Wamendagri Cegah Tito ‘Main Sendiri’

Jokowi menjelaskan Bendungan Bintang Bano ini telah dibangun sejak lima tahun yang lalu. Sebelumnya dua bendungan telah diresmikan yaitu Bendungan Mila dan Bendungan Tanju.

“Dan Alhamdulillah pada hari ini, Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak 2015 menghabiskan biaya Rp 1,44 triliun sudah selesai dan bisa difungsikan.

BACA JUGA : Presiden Lakukan Peletakan Batu Pertama Bali International Hospital

Bendungan ini adalah satu dari 6 bendungan yang dibangun di provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan Bendungan Bintang Bano merupakan bendungan yang ke-29 yang telah diresmikan di seluruh Tanah Air sejak 2015. Jokowi menargetkan pada 2024 nanti, 57 bendungan di Indonesia bisa diselesaikan.

BACA JUGA : Shin Tae Yong Sebut Dapat Perintah Khusus dari Presiden

“Kenapa ini kita bangun, bendungan-bendungan ini. Ketahanan pangan kemandirian pangan, kedaulatan pangan itu hanya akan bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ini ada air,dilansir dari detik.com

BACA JUGA : Nagita Slavina Beri Penjelasan Soal Video Syur 61 Detik Mirip Dirinya

Kuncinya ada air dan air itu ada kalau kita memiliki bendungan yang sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu kenapa bendungan-bendungan ini kita bangun,” ujar Jokowi.(ros)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily