Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNewsMetropolitanPresiden Berterima Kasih kepada Insan Pers di HPN 2021

Presiden Berterima Kasih kepada Insan Pers di HPN 2021

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada insan pers yang telah membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya pada peringatan Hari Pers Nasional 2021 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

BACA JUGA: Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Usulkan Aceh Jadi Tuan Rumah HPN Tahun 2022 – Nusadaily.com

“Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada insan pers karena membantu Pemerintah untuk mengedukasi mayarakat agar menerapkan porotokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapat informasi yang benar dan tepat,” ujar Presiden dalam sambutannya di Jakarta, Selasa.

Presiden mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers di Tanah Air atas peringatan Hari Pers Nasional. Presiden menyatakan mengetahui di saat pandemi seluruh insan pers Tanah Air tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat dan menjaga optimisme serta harapan.

Presiden menekankan dirinya menyadari insan pers juga menghadapi masa-masa sulit di era pandemi COVID-19 sekarang ini.

BACA JUGA: Peringati HPN, Puluhan Wartawan Probolinggo Turun Jalan Bagikan Masker – Noktahmerah.com

“Kita semua tahu permasalahan kesehatan dan ekonomi membebani semua negara termasuk negara kita Indonesia. Saya tahu industri pers sebagaimana sektor swasta yang lain, sedang menghadapi juga masalah perusahaannya, masalah keuangannya juga yang tidak mudah seperti tadi disampaikan oleh Ketua PWI,” jelasnya.

Presiden menekankan pemerintah berusaha meringankan beban industri media. Dimana Pph 21 bagi awak media telah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung pemerintah. Artinya pajak dibayar oleh pemerintah dan berlaku sampai Juni 2021.

Presiden meminta hal tersebut dikawal Menteri Keuangan.

Selain itu juga untuk industri media dilakukan pengurangan Pph Badan dan pembebasan Pph 2 impor dan percepatan restitusi dan insentif yang juga berlaku sampai Juni 2021.

“Insentif yang diberikan ke industri lain juga diberikan kepada industri media, termasuk pembebasan abodemen listrik. Keringanan tersebut memang tidak seberapa, saya tahu. Perlu saya sampaikan beban fiskal pemerintah juga berada pada posisi yang sangat berat. Selain berat untuk menangani permasalahan kesehatan juga berat menggerakkan perekonomian tatkala sektor swasta alami perlambatan signifikan,” ujar Presiden.

BACA JUGA: Dandim 0818 Dukung Penuh Peringatan HPN – Javasatu.com

Presiden Joko Widodo mengatakan salah satu belanja besar pemerintah adalah vaksin untuk vaksinasi dan saat ini pemerintah sedang bekerja keras untuk terus memperoleh vaksin.

Peringatan HPN 2021 yang diselenggarakan di Istana Negara dihadiri dan diikuti oleh Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD RI, menteri Kabinet Indonesia Maju, duta besar negara-negara sahabat, Gubernur DKI Jakarta, Ketua Dewan Pers, Ketua PWI Pusat, tokoh pers nasional dan insan pers serta tamu undangan lain baik secara langsung maupun virtual.(eky)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Unik dan Berbeda, Warga di Lampung Gelar Upacara Kemerdekaan RI dengan Baju Petani

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Hari Kemerdekaan Indonesia, disambut gegap gempita masyarakat seantero Indonesia. Semangat nasionalisme masyarakat, tidak luntur menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT)...