Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsMetropolitanPetani Sawit Minta Pemerintah Atur Ulang Harga TBS

Petani Sawit Minta Pemerintah Atur Ulang Harga TBS

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Asosiasi petani kelapa sawit meminta pemerintah mengatur ulang harga tandan buah segar (TBS) yang dibeli pabrik kelapa sawit. Pasalnya, harga TBS anjlok hingga ke bawah Rp1.000 per kilogram (kg).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ketua Umum Persatuan Organisasi Petani Sawit Indonesia (Popsi) Pahala Sibuea mengatakan harga TBS turun dikarenakan permintaan dari produsen minyak goreng yang juga menurun.

BACA JUGA : Petani Sawit di 22 Provinsi Bakar Tandan Buah Segar, Protes Kejatuhan Harga

“Sekarang petani dalam kesulitan untuk mempertahankan kebun dan kehidupannya karena harga TBS terus turun di bawah Rp1.000 per kilogram, di beberapa tempat bahkan sampai Rp400 per kilogram. Dengan harga TBS sekarang ini petani sangat sulit untuk bertahan,” terang Pahala seperti mengutip Antara, Jumat (1/7).

Maka dari itu, petani meminta pemerintah mengevaluasi kembali pajak ekspor CPO dan pajak bea keluar yang dinilai sangat tinggi, yaitu sampai US$600 per ton.

Senada, Kepala Bidang Organisasi dan Anggota Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Sabarudin mengatakan saat ini banyak pabrik kelapa sawit yang tutup dan tidak membeli TBS petani karena tangki penuh, sehingga membuat harga TBS turun drastis.

BACA JUGA : DPRD: Petani Kotabaru Bisa Dapatkan Bantuan Peremajaan Sawit

“Catatan kami di 10 provinsi wilayah anggota SPKS berkisar harga TBS saat ini Rp500 sampai Rp1.070 per kilogram,” kata Sabarudin.

Penurunan harga TBS disebut menyebabkan petani rugi sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per hektare per bulan.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Gerindra-PKB Resmi Bekoalisi: Partai Lain Mau Gabung Monggo

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Gerindra dan PKB resmi berkoalisi di Pilpres 2024. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau...