Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaNewsMetropolitanPertamina Batasi Pembelian BBM Bersubsidi, Solar Subsidi Bukan buat Fortuner-Innova

Pertamina Batasi Pembelian BBM Bersubsidi, Solar Subsidi Bukan buat Fortuner-Innova

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pertamina akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Kemungkinan mobil dengan mesin 2.000 cc ke atas akan dilarang membeli BBM subsidi. Itu artinya, mobil diesel seperti Innova dan Fortuner nggak bisa membeli Biosolar.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Mobil Belum Daftar MyPertamina Masih Boleh Beli BBM Secara Tunai

Menurut Didi Ahadi, Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan mobil-mobil diesel yang dijual saat ini sudah mengadopsi standar emisi Euro 4. Untuk itu, diutuhkan BBM diesel yang lebih ramah lingkungan.

“Kalau solar khususnya Euro 4 disarankan menggunakan solar yang sulfurnya 50 ppm,” kata Didi, dilansir dari detik.com

BACA JUGA : Pandemi Covid-19 Melandai, Ning Ita Siapkan “Si Peri Piterpan” untuk Bantu KUBE

Harapannya, dengan menggunakan BBM diesel dengan sulfur yang rendah membuat emisi gas buang lebih bersih. Hal itu juga bikin mesin dan komponen-komponennya awet.

Dampak Penggunaan Solar Subsidi

“Kalau menggunakan solar yang tidak sesuai, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di mesin. Karena mesin yang menggunakan BBM di bawah standar spek pabrikan, pasti ada dampaknya. Dampaknya jangka pendek maupun jangka panjang,” jelas Didi.

BACA JUGA : SPBU di Kudus Kena Sanksi Akibat Langgar Peraturan Penjualan BBM

Dampak jangka pendeknya adalah performa mesin akan berkurang. Emisi pun berbeda.

“Katakanlah di belakang mobil, kita mencium bau knalpot pasti berbeda. Bau dan warna (asap berbeda). (Jika pakai solar di bawah rekomendasi) lebih ada asap putih. Yang dikhawatirkan dari Toyota kalau menggunakan sulfur yang lebih tinggi dari 50 ppm akan menumpuk sulfurnya di catalytic converter. Numpuk di sana sehingga yang pasti emisinya kurang baik. Dan timbulnya asap putih di knalpot itu, sehingga yang kami khawatirkan adalah mengganggu visibilitas ke belakang, salah satunya itu juga,” ucapnya.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Digugat Eks Pengacara Bayar Fee Rp 15 M, Begini Respons Bharada E

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E digugat mantan kuasa hukumnya Deolipa Yumara untuk membayar fee Rp 15 miliar. Gugatan itu...