Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanPenerima Vaksin Sinovac Lengkap, Ini Pesan Dokter Paru Terkait Omicron

Penerima Vaksin Sinovac Lengkap, Ini Pesan Dokter Paru Terkait Omicron

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan memberi pesan penting untuk penerima vaksin primer atau vaksin COVID-19 dosis satu dan dua Sinovac. Khususnya bagi yang sudah divaksinasi lengkap Sinovac lebih dari enam bulan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Masa pembentukan antibodi, ada masanya, jadi kalau sudah 6 bulan itu akan menurun, dibutuhkan booster untuk meningkatkan kembali titer antibodi,” pesan dia, dalam konferensi pers Senin (24/1/2022).

BACA JUGA: Antisipasi Omicron di Jatim, Forkopimda Gelar Apel Pamor Keris

“Tidak ada seorang pun yang bisa menjamin kalau sudah dua kali Sinovac aman, akan terhindar dari Omicron,” sambung dr Erlina.

BACA JUGA: BPOM Izinkan 5 Jenis Vaksin Booster, Pakar: Bisa Kurangi Risiko Gejala Omicron

dr Erlina mengingatkan mereka yang sudah divaksinasi lengkap Sinovac tetap bisa terpapar Omicron. Artinya, diperlukan peningkatan kekebalan melalui program vaksinasi booster.

BACA JUGA: Varian Omicron Serbu Beijing Jelang Olimpiade 2022

“Kasus Omicron di data Indonesia adalah orang-orang yang kembali dari luar negeri dan sudah lengkap vaksinasinya. Jadi memang dua suntikan vaksin primer tidak menjamin kita terhindar, untuk meningkatkan proteksi disarankan booster,” beber dia dikutip dari detikcom.

Berkaca pada kasus pasien Omicron meninggal belum divaksinasi lengkap, dr Erlina mendesak warga untuk segera divaksinasi. Jika sudah disuntik vaksin COVID-19 dua dosis dan masuk dalam kategori kelompok rentan, peran vaksinasi booster akan sangat membantu pertahanan tubuh melawan Omicron.(eky)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily