Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsMetropolitanPendamping Hukum Warga Pancoran Bebas, Polisi: Tak Ada Penahanan

Pendamping Hukum Warga Pancoran Bebas, Polisi: Tak Ada Penahanan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Safaraldy dari LBH Jakarta dan Dzuhrian dari Paralegal Jalanan, Dua pendamping hukum warga korban penggusuran Pancoran, Jakarta Selatan, bebas setelah diduga sempat ditahan oleh Polres Jakarta Selatan, Rabu (24/3) malam.

Keduanya diumumkan bebas pada Kamis (25/3) dini hari, sekitar pukul 1.00 WIB atau empat jam setelah hilang kontak pada Rabu (24/3) malam sekitar pukul 21.00. WIB.

BACA JUGA : Sengketa Lahan Pancoran, Iwan Fals: Usut Tuntas – Nusadaily.com

“Pukul 00.49 WIB, Safaraldy dan Dzuhrian sudah Dibebaskan. Terima kasih atas dukungan dan solidaritas kawan-kawan semua,” demikian dikutip dari akun Twitter LBH Jakarta, pada Kamis (25/3) dini hari.

LBH Jakarta belum memberi keterangan lebih lanjut terkait dugaan penahanan polisi terhadap dua pendamping hukum warga Pancoran tersebut.

BACA JUGA : Mahasiswi di Pancoran Disiram Air Keras, Pelaku Diduga Kenal Korban – Noktahmerah.com

Safaraldy dan Dzuhrian diduga ditahan sempat ditahan saat mengantarkan surat penolakan ke Polres Jaksel, terkait kasus penggusuran di Gang Buntu II Kelurahan Pancoran.

“Keduanya sedang melaksanakan tugasnya sebagai pendamping hukum Warga Pancoran yang sedang memberikan bantuan hukum untuk mengantarkan surat jawaban dari Warga Pancoran atas panggilan pemeriksaan dari Polres Jakarta Selatan,” ujar advokat LBH Jakarta, Charlie Albajili saat dikonfirmasi.

BACA JUGA : Curah Hujan Masih Tinggi Sebabkan Banjir, 135 KK di Pancoran Mengungsi – Beritaloka

Korban Penggusuran Pancoran

Menurut Charlie warga korban penggusuran Pancoran telah mengajukan pendampingan hukum ke LBH Jakarta sejak 9 Maret lalu. Sehingga menurut dia, Safaraldy dan Dzuhrian dilindungi oleh Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

“Tindakan penahanan tanpa alasan yang dilakukan Kepolisian Resort Metro Jakarta Selatan adalah tindakan tidak bermartabat dan telah melanggar hak warga negara atas bantuan hukum,” ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Jimmy Christian membantah pihaknya menahan dua pendamping hukum warga Pancoran.

“Dari hari kemarin sampai dengan hari ini tidak ada penahanan di Polres Jaksel. Silakan dikonfirmasi langsung ke LBH,” kata Jimmy kepada CNNIndonesia.com.(han)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...