Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaNewsMetropolitanPencarian Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss Kerahkan 20 Personel

Pencarian Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss Kerahkan 20 Personel

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan upaya pencarian terus dilakukan untuk mencari putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), yang hilang di Sungai Aare, Swiss. Untuk pencarian itu telah dibentuk tim SAR yang terdiri dari sekitar 20 personel.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Polisi Swiss Ungkap Sulitnya Pencarian Eril: Arus Sungai Aare Deras-Keruh

“Pihak kepolisian menyampaikan bahwa mereka telah membentuk tim SAR yang langsung menyisir seluruh area potensial di sepanjang Sungai Aare. Tim SAR yang berjumlah sekitar 20 orang terdiri dari unsur polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran,” kata Muliaman saat konferensi pers, Sabtu (28/5/2022).

“Jadi memang khusus ada polisi sungai karena memang Sungai Aare ini sungai yang sangat populer, terutama pada musim semi dan musim panas dan musim libur sekolah, mereka banyak berkumpul di sepanjang sungai ini. Jadi setiap hari polisi sungai bertugas mengawasi sungai itu,” tambahnya.

BACA JUGA : Ratusan Pekerja di Pelabuhan Tanjung Emas Terjebak Banjir Rob

Muliaman menjelaskan pada masa darurat yaitu 15 menit sejak laporan Eril hilang diterima, tim SAR melakukan pemindaian menggunakan drone. Drone itu, kata dia, dengan sensornya bisa mendeteksi panas tubuh.

“Drone digunakan untuk mendeteksi panas tubuh, pada saat itu suhu air di Sungai Aare diperkirakan sekitar 16 derajat celsius dengan arus yang cukup kuat,” ucapnya.

BACA JUGA : Novel Terbaru Jessica Jung Bikin Heboh Fan, Ungkap Alasan Keluar dari SNSD

Lebih lanjut, Muliaman menyebut setelah 15 menit metode pencarian dilanjutkan dengan menggunakan perahu dan kendaraan untuk menyisir area darat tepian sungai. Selama proses pencarian tim SAR, tim KBRI mendampingi keluarga yang ada di Swiss menyusuri tepian Sungai Aare menuju ke arah lokasi awal dimulainya renang.

Proses Pencarian

“Dengan harapan dapat menemukan tanda-tanda atau petunjuk yang dapat membantu proses pencarian. Hingga Kamis sore proses pencarian dilakukan oleh tim SAR, belum memperoleh hasil yang kita harapkan,” ujarnya, dila

BACA JUGA : Ridwan Kamil Lebaran Virtual dengan Perangkat Daerah dan Petugas Pos

Di hari yang sama, Muliaman juga sudah berbicara langsung dengan kepala protokol Kementerian Luar Negeri Swiss. Ia mendorong pihak otoritas Swiss mengerahkan upaya pencarian yang optimal.

BACA JUGA : Inul Daratista Pamer Foto dengan Zaskia Gotik, Komentar Irfan Hakim Jadi Sorotan

“Kemarin pada hari Jumat, tim SAR kembali mengerahkan tenaga sekitar 20 personel dari unsur polisi dan polisi medis. Cakupan area sekitar 17 Km di sepanjang sungai, dimulai dari jembatan pindah ke pintu air Wollensea,” imbuhnya. (ros)

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...