Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanPemred Nusadaily: Humas Pemerintah Harus Pelajari Psikologis Media dan Karakter Masyarakat

Pemred Nusadaily: Humas Pemerintah Harus Pelajari Psikologis Media dan Karakter Masyarakat

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-MALANG– Pimred Nusadaily.com Yusron Aminullah menjadi pemateri Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan yang digelar di kantor media online empat bahasa ini yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Rampal Celaket, Klojen Kota Malang (Minggu, 24/10). Salah satu materinya menyebut peran humas pemerintah untuk mempelajari titik psikologis media dan memahami karakter kolektif masyarakat

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Para peserta yang berasal dari perwakilan humas pemerintah daerah se Jawa Timur tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan Yusron Aminullah.

Di hadapan para peserta, Yusron menjelaskan, media massa sebagai alat. Saat ini bukan hanya berhenti sekedar alat informasi. Namun kini lebih lebar lagi, sebagai alat, media massa bisa menjadi sebagai saluran konfrontasi, provokasi hingga ke arah legitimasi.

“Semisal, seorang pejabat atau tokoh publik bisa hancur karirnya karena pemberitaan. Sebaliknya, suatu korporasi, institusi maupun seseorang bisa melejit karena media massa. Meskipun apa yang dikemas tidak terlalu mencolok dari segi prestasi,” terang Yusron.

Dari ilustrasi yang dipaparkannya itu, Yusron memberi arahan kepada para perwakilan tenaga humas yang berdinas di institusi pemerintahan dalam mempelajari realitas yang diramu sebagai sebuah pemberitaan.

 “Di sinilah peran humas pemerintah untuk mempelajari titik psikologis media dan memahami karakter kolektif masyarakat. Perlu pendekatan kajian sosiologis dan psikologis,” terang dia.

Sebagai corong informasi pemerintah kepada masyarakat, Bidang Kehumasan di institusi pemerintah harus mengenal betul visi misi kepala daerahnya. Karena kepala daerah ini merupakan simbol yang merepresentasikan citra daerahnya. Sehingga dituntut untuk pro aktif menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.

“Maka tenaga kehumasan, harus memahami visi misi kepala daerah yang dikemas dalam bentuk tekstual dan mengena secara kontekstual,” urai dia. (wok/wan)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily