Sabtu, November 27, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanPemkot Jakarta Barat Sediakan JakWIFI Gratis di 466 Titik

Pemkot Jakarta Barat Sediakan JakWIFI Gratis di 466 Titik

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menyediakan 466 titik JakWIFI gratis, tersebar di setiap rukun warga (RW) pada delapan kecamatan di wilayah itu untuk bantu aktivitas warga di rumah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Gereja Apresiasi Pemkot Kupang Siapkan Wifi Gratis di Rumah Ibadah

“JakWIFI ada 466 titik yang tersebar kurang lebih di 142 RW di Jakarta Barat. Itu untuk 2021” kata Kepala Seksi Komunikasi dan Jaringan Data Suku Dinas Kominfotik Jakarta Barat Nur Izzuddin, saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Izzuddin mengatakan pengadaan jaringan internet gratis berkekuatan 20 Megabit per detik (Megabits per second/MBPS) ini memang sudah bergulir sejak 2020.

Saat itu, jaringan internet gratis diperuntukkan bagi pelajar yang belajar secara daring hingga karyawan yang bekerja di rumah.

BACA JUGA : Minim Anggaran, Diskominfo Kota Batu Tunda Program Wifi Gratis Desa/Kelurahan

Saat ditanya berapa titik WiFi gratis yang sudah disediakan Pemerintah Kota Jakarta Barat pada 2020, Izzuddin belum bisa menjelaskan dengan rinci.

Lebih lanjut, Izzudin mengatakan penambahan jumlah titik WiFi gratis biasanya dilaksanakan setiap tahun. Namun jumlah penambahan tersebut ditentukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Umumnya, wilayah yang dijadikan sasaran untuk tempat WiFi gratis adalah kawasan padat penduduk.

BACA JUGA : Diskominfo Sumenep Sediakan WiFi Gratis Untuk Belajar Daring

Selain itu, pemerintah kota juga menampung aspirasi dari warga untuk menentukan wilayah mana yang layak dipasang WiFi gratis.

“Misal ada masukan dari wilayah, kemungkinan bisa ditambah. Tapi keputusan ada di pimpinan,” kata Izzudin.

Dia berharap nantinya setiap RW di wilayah Jakarta Barat bisa memiliki satu jaringan WiFi gratis sehingga warga bisa terbantu dalam beraktivitas via daring.

“Harapan kami nantinya bukan hanya untuk pelajar tapi bisa digunakan oleh pelaku UMKM untuk berjualan via daring,” kata dia.(ros)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR