Selasa, Januari 25, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanPemerintah Diminta Perhatikan Kapasitas Lapas di Berbagai Wilayah Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Kapasitas Lapas di Berbagai Wilayah Indonesia

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Anggota DPR RI Komisi Hukum, Nasir Djamil menegaskan pentingnya pemerintah memperhatikan jumlah narapidana (Napi) di berbagai lembaga pemasyarakatan (Lapas).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut Nasir, juga dalam penyusunan Undang-Undang tidak boleh ada pembebanan, kepada para Napi.

“Dalam Undang-Undang pemasyarakatan yang kami susun, kami cantumkan tidak boleh ada pembebanan kepada napi, kecuali itu merupakan putusan pengadilan. Selama ini PP tersebut tidak SOP-nya (Standar Operational Procedure) di masing-masing instasi pemberi JC (justice collabolator). Akibatnya membludaklah Lapas dan kalau sudah membludak, tentu sangat rawan terjadi kejahatan baru di dalamnya,” ujar Nasir kepada NusaDaily.com di Jakarta, Rabu 25 Maret 2020.

Sebelumnya, banyak kalangan meminta agar Undang-Undang Pemasyarakatan segera disahkan dan PP 99 dicabut, dimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 adalah terkait aturan remisi terpidana narkoba.

Nasir Djamil menambahkan PP nomor 99 tersebut memang seharusnya dicabut.

“Iya harus dicabut, karena PP itu telah memasung hak hak narapidana. Akibat pemasungan itu, banyak muncul masalah di lembaga pemasyarakatan mulai dari pembinaan, fasilitas, hingga pendanaan,” terang Nasir.

Untuk diketahui, penuh sesaknya Lapas kerap kali menimbulkan konflik di dalam Lapas, yang dipicu berbagai persoalan yang semakin hari makin rumit.(dan)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed