Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanPegawai BUMN, TNI/Polri Bisa Jadi Peserta BP Tapera pada 2023

Pegawai BUMN, TNI/Polri Bisa Jadi Peserta BP Tapera pada 2023

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Adi Setianto mengungkapkan BP Tapera akan mulai memperluas kepesertaan mencakup pegawai BUMN, BUMD dan TNI/Polri pada 2023.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Saat ini peserta BP Tapera masih terbatas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

BACA JUGA : DPR Harapkan BUMN Holding Pariwisata Pulihkan Sektor Pariwisata

“Untuk saat ini memang kami fokus di ASN. Tapi persiapan untuk selain ASN, yaitu BUMN, BUMD, TNI/Polri, mungkin di 2023. Tahun depan kalau peraturan pemerintah untuk besaran simpanan yang kami himpun dan kami collect di bidang tabungan itu sudah keluar, tahun depan baru kita mulai,” katanya dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa.

Adi menjelaskan selain kepesertaan bagi pegawai BUMN, BUMD, TNI/Polri, BP Tapera rencananya juga akan memperluas cakupan kepesertaan meliputi pekerja informal dan mandiri.

BACA JUGA : Cerita Raibnya Tabungan Rp 5,8 M Nasabah Bank BUMN di Kudus

Namun, pendaftarannya akan dibuka setelah kepesertaan ASN, BUMN, BUMD, TNI/Polri rampung.

Menurut dia, setidaknya ada 60 persen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bekerja di sektor informal yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan.

BACA JUGA : Kasus Penggelapan Uang Puluhan Nasabah Bank BUMN, Tersangka Warga Asli Sumenep

“(Pekerja) informal itu yang selama ini akses ke lembaga keuangan agak kurang karena kalau minta pembiayaan di bank diminta selalu slip gaji, penghasilan tetap. Itu membuat MBR informal jauh dari akses pembiayaan khususnya bank untuk bisa memiliki rumah pertama,” katanya.

Adi berharap hadirnya BP Tapera akan memberikan akses bagi mereka untuk bisa memiliki rumah.

“Diharapkan dengan kehadiran BP Tapera, mereka bisa jadi peserta. Insya Allah kami menjadi jembatan antara MBR yang informal dengan perbankan. Jadi tahun depan setelah ASN kita akan bergerak ke mandiri dan MBR informal. Karena mereka yang butuh kita bantu untuk pembiayaan perumahan,” kata Adi.(lal)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Cacar Monyet Mewabah, ECDC: Lebih dari 200 Ribu Kasus Terdeteksi

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Lebih dari belasan negara di mana cacar monyet mewabah, yang sebagian besar terjadi di Eropa, telah melaporkan setidaknya satu kasus...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily