Selasa, September 21, 2021
BerandaNewsMetropolitanPakar Mikrobiologi UI Khawatirkan Gelombang Kedua Covid-19

Pakar Mikrobiologi UI Khawatirkan Gelombang Kedua Covid-19

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kebijakan baru pemerintah untuk mengembalikan aktivitas normal masyarakat dengan mekanisme baru atau new normal akan bergulir secara bertahap.

Namun muncul kekhawatiran dari masyarakat, tentang adanya gelombang kedua penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

Lebih lanjut, Pakar mikrobiologi dari Universitas Indonesia (UI), Pratiwi Sudarmono menilai, kemungkinan gelombang dua bisa saja terjadi.

“Gelombang kedua itu bisa saja terjadi, karena sekarang pergerakan luar biasa. Dari kemarin Lebaran orang pergi mudik kemudian akan kembali lagi ke Jakarta,” ungkap Pratiwi Sudarmono saat jumpa pers, di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa 2 Juni 2020.

Selain itu, lalu lintas orang karena mudik, Warga Negara Indonesia yang bekerja di luar negeri juga memiliki potensi menjadi pembawa virus.

“Jadi ada pergerakan orang yang banyak, juga masuknya ABK (Anak Buah Kapal) atau tenaga kerja dari luar negeri. Sementara itu, virus itu dari waktu ke waktu dia melakukan perubahan pada dirinya, melakukan mutasi secara kontinyu karena dia virus RNA,” paparnya.

Sehingga hal tersebut, sambung Pratiwi Sudarmono, bisa saja virus asal Wuhan, China itu bisa berkembang kembali di Indonesia.

“Juga bisa di daerah lebih banyak dari kemarin, karena tidak ada pembatasan Yang jelas. orang tidak takut lagi sehingga tidak ada orang WFH misalnya, maka dengan sendirinya kemungkinan tertular,” tutupnya.(via)

+ posts
- Advertisement -
AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...