Minggu, Oktober 24, 2021
BerandaNewsMetropolitanMoeldoko Somasi ICW soal Ivermectin dan Impor Beras

Moeldoko Somasi ICW soal Ivermectin dan Impor Beras

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Moeldoko, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), melalui kuasa hukumnya Otto Hasibuan telah melayangkan somasi ke Indonesia Corruption Watch (ICW) terkait tudingan bisnis obat Ivermectin dan impor beras. Teguran tertulis itu disampaikan pada kemarin sore, Senin (2/8).

“Kami baru mengirim surat somasi tertulis kepada ICW tadi sore. Jadi, kita menunggu respons mereka [hari ini],” ujar Otto, dikutip dari CNNIndonesia.com, melalui keterangan tertulis, Senin (2/8) malam.

Otto enggan menyampaikan detail perihal somasi tersebut berikut tindakan yang bakal ditempuh pihaknya apabila ICW tidak menjalankan apa yang tertuang dalam surat somasi.

Baca Juga: Moeldoko Ajak Masyarakat Satukan Daya dan Kekuatan Hadapi COVID-19

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana membenarkan pihaknya sudah menerima somasi dari Moeldoko. Saat ini ICW tengah mempelajari somasi dimaksud bersama dengan tim kuasa hukum.

“ICW sudah menerima surat somasi yang dilayangkan oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, melalui kuasa hukumnya. Untuk itu, kami bersama dengan sejumlah kuasa hukum sedang mempelajari poin-poin yang tertuang dalam somasi tersebut,” kata Kurnia saat dikonfirmasi, Selasa (3/8).

Baca Juga: Waduh! IDI Beda dengan Moeldoko, Tak Rekomendasi Obat Ivermectin untuk Pasien Covid-19

Dalam jumpa pers Kamis (29/7), Moeldoko melalui Otto meminta ICW membuktikan tuduhan mengenai keterlibatan dirinya dalam bisnis obat Ivermectin dan impor beras.

Jika tidak bisa membuktikan, maka ICW harus meminta maaf secara terbuka dan mencabut pernyataan. Apabila ICW tidak mampu melakukan itu semua, Moeldoko akan mengajukan laporan ke kepolisian.

Baca Juga: Moeldoko Terang-terangan Promosi Ivermectin sebagai Obat Covid-19, Trubus: Bukan Bidangnya

Somasi ini menindaklanjuti hasil temuan ICW yang mengungkapkan dugaan keterlibatan Moeldoko dan sejumlah politikus dalam peredaran obat terapi Covid-19 Ivermectin.

ICW menyebut Moeldoko mempunyai hubungan dengan Wakil Presiden PT Harsen Laboratories Sofia Koswara. PT Harsen Laboratories adalah perusahaan yang memproduksi Ivermectin.

Baca Juga: Bamsoet Bersama Moeldoko Masuk sebagai Pengurus Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia

Menurut ICW, Sofia adalah direktur dan pemegang saham di PT Noorpay Perkasa. Di saat yang sama, anak Moeldoko yang bernama Joanina Rachma adalah pemegang saham mayoritas di perusahaan tersebut.

Moeldoko sudah angkat suara. Ia membantah informasi yang disampaikan ICW ihwal keterlibatannya dalam bisnis obat Ivermectin.

“Itu tuduhan ngawur dan menyesatkan,” kata Moeldoko lewat keterangan tertulis, Kamis (22/7). (han)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

NAIF Yth:

“Yth: NAIF”, Penghormatan terhadap Grup Band NAIF

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Diskoria, Ardhito Pramono dan Isyana Sarasvati persembahkan lagu "Yth: NAIF" bagai bentuk penghormatan terhadap grup band NAIF yang menyatakan diri...