Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanMenyingkap Maksud 3 Gubernur Keluar Kandang, Ganjar ke Lampung, Anies Makassar, Kang...

Menyingkap Maksud 3 Gubernur Keluar Kandang, Ganjar ke Lampung, Anies Makassar, Kang Emil Jatim

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, adalah tiga gubernur yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Ahmad Muzani: Keputusan Presiden Larang TNI Polri Aktif Pj Gubernur Bentuk Komitmen Reformasi

Masing-masing dari mereka memiliki agenda di luar daerah yang dipimpinnya. Anies Baswedan ke Makassar, Ganjar ke Lampung, sementara Ridwan Kamil atau Emil ke Jawa Timur.

Anies ke Makassar

Di Makassar, Anies menjadi pembicara acara Talkshow Kebangsaan Komunitas Mileanis Sulsel di RM Losari and Food pada Jumat malam (22/1)

BACA JUGA : Jayapura Direndam Banjir Kantor Gubernur-RS Terendam, Korban Meninggal 1 Orang

Di kesempatan itu, Anies mengaku belum ingin mendeklarasikan diri sebagai capres karena masih ada tugas sebagai gubernur DKI Jakarta.

“Saya ini masih di Jakarta dan akan terus fokus semua yang menjadi program diselesaikan. Semua yang menjadi rencana akan dituntaskan di Jakarta,” kata Anies.

BACA JUGA : Hari Ini Kantor Gubernur Banten akan Digeruduk Buruh, Tgl 7 Janji Geruduk Bandung

Masa jabatan Anies akan habis pada Oktober tahun ini. Dia ingin menuntaskan program kerjanya terlebih dahulu sebelum bicara langkah politik berikutnya. Meski demikian, ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mendukungnya menjadi calon presiden.

“Insya Allah, apapun yang dijalani kita jalankan, amanat bisa gonta ganti, tapi amanat apapun dijalankan sebaik-baiknya. Poinnya, kita kerja bersama, malam ini alhamdulillah kita kumpul bersama,” tutur Anies.

Ganjar ke Lampung

Ganjar Pranowo disambut dengan meriah ketika berkunjung ke Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat (21/1). Dia disambut langsung Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona bersama para tokoh adat Majelis Penyeimbang Adat Lampung (MPAL) Pesawaran.

BACA JUGA : Gubernur Khofifah Berpesan Timnas Harus Tetap Semangat Tatap Leg kedua

Kedatangan Ganjar Pranowo, disambut antusias oleh ratusan masyarakat. Mereka rela menunggu sejak pagi di Museum Transmigrasi hanya untuk bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Ganjar mengaku kedatangannya ke Kabupaten Pesawaran, Lampung ini, merupakan kunjungan balasan. Waktu itu, Bupati Pesawaran datang ke Semarang dan menceritakan bagaimana masyarakat di daerah Pesawaran banyak masyarakat Jawa.

Di sana, Ganjar juga menyempatkan bertemu dengan warga transmigran asal Jawa Tengah. Banyak di antara mereka bahkan satu kampung dengan rumah Ganjar Pranowo di Kutoharjo, Jawa Tengah.

BACA JUGA : Fuji Pakai Hijab, Thariq Halilintar: Permisi Butuh Imam?

“Ada yang dari Bagelen, itu daerah saya. Ternyata di sini (Pesawaran) ada Bagelen juga. Ada Kutoharjo, itu tempat tinggal saya. Gombong, Banyumas dan kebetulan istri saya juga Banyumas. Jadi rasanya saya menengok keluarga kandung saya sendiri yang ada di Pesawaran, Lampung. Makanya begitu ketemu langsung greng,”ungkapnya.

Ridwan Kamil ke Jatim

Sementara itu, Ridwan Kamil menjalani beberapa agenda kunjungan di Jawa timur. Dia berziarah ke Makam Keluarga Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari di Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang.

Kemudian berziarah ke makam Syaichona Kholil di Kabupaten Bangkalan, Madura. Lalu mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kota Kediri. Dia juga sempat mendatangi Kampung Inggris di Kediri.

Orang yang akrab disapa Emil itu menampik jika ada anggapan rentetan acaranya di Jawa Timur berkaitan dengan Pilpres 2024. Dia mengatakan ada perjanjian kerja sama antara Pemprov Jabar dan Jatim mengenai upaya swasembada pangan.

“Ada dua perjanjian besar Pemprov Jabar dan Jatim terkait perdagangan dan UMKM, setelah itu, tentu lah saya mau mengunjungi dan ziarah ke sejarah asal Nahdatul Ulama di mana saya kan bagian dari pesantren Nahdatul Ulama di Jabar,” kata dia.

“Saya ke Jatim karena ada perjanjian kerja sama dengan Bu Khofifah, ada peningkatan volume perdagangan Jabar-Jatim. Mumpung di sini sebelum pulang saya ingin ke tempat-tempat yang istimewa salah satunya ke Kampung Inggris Kediri,”tambahnya.(han)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily