Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsMetropolitanMenuai Kecaman Terkait TIM, DPR Akan Panggil Anies Baswedan

Menuai Kecaman Terkait TIM, DPR Akan Panggil Anies Baswedan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Buntut dari berbagai aksi protes para seniman dan budayawan, terkait revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, berbagai kalangan ikut menanggapi masalah tersebut.

Termasuk Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat DPR RI, yang berencana akan memanggil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Pimpinan DPRD DKI Jakarta dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terkait revitalisasi TIM.

Dari masalah ini juga, Komisi X DPR RI telah bersepakat agar pembangunan revitalisasi TIM dimoratorium. “Untuk mendalami revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Komisi X DPR RI akan memanggil Gubernur DKI Jakarta, DPRD Provinsi Jakarta dan PT Jakpro, dalam rangka mendukung upaya moratorium revitalisasi TIM,” kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin 17 Februari 2020.

Menurut Huda, seharusnya Anies Baswedan tidak menerbitkan peraturan gubernur (Pergub) Nomor 63 Tahun 2019, yang memberi kewenangan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, yang kemudian diserahkan kepada PT Jakpro untuk melakukan revitalisasi dan mengelola TIM.

Sebab maka dengan demikian, jika sudah dikelola oleh PT Jakpro, TIM akan dieksploitasi untuk kepentingan komersial. Dikhawatirkan para seniman akan tersingkir dengan sendirinya. “Kalau ada Pemda ingin menjadi bagian dari revitalisasi kemudian diberikan kepada BUMD dan dipastikan semangatnya adalah komersial. Ini tidak hanya bagi DKI Jakarta tapi juga semua provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Huda melontarkan kritik, lantaran cara komunikasi yang kurang baik dari Gubernur Anies dengan para seniman peduli TIM, dan menduga ada cacat prosedural dalam program revitalisasi TIM.  Itu karena pemerintah provinsi  DKI tidak melibatkan bahwkan diajak berunding sebelum pembangunan revitalisasi dimulai. (dan)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...