Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanMenteri PUPR Minta Tambahan Anggaran Rp6 Triliun untuk Pembangunan IKN

Menteri PUPR Minta Tambahan Anggaran Rp6 Triliun untuk Pembangunan IKN

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kementerian PUPR meminta tambahan anggaran untuk membangun ibu kota baru (IKN) sebesar Rp5 triliun-Rp6 triliun pada 2023.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata.

BACA JUGA : Atasi Kemacetan, PUPR Bakal Bangun Jalan Tol di Kawasan Puncak

Isa menjelaskan Kementerian PUPR sebenarnya sudah mendapatkan alokasi anggaran untuk membangun IKN Rp1 triliun pada 2023. Namun, dana tersebut kurang.

“PUPR sejauh ini sudah memiliki anggaran di DIPA awal APBN beberapa ratus miliar atau bahkan mencapai Rp1 triliun, tapi dalam perjalanan sedang meminta tambahan mungkin sekitar Rp5 triliun-Rp6 triliun,” ungkap Isa dalam media briefing, Rabu (4/8).

BACA JUGA : PUPR Siapkan Penghijauan di Tol Bali-Mandara

Saat ini, Kemenkeu sedang memproses permintaan Kementerian PUPR. Menurut Isa, PUPR akan fokus membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) terlebih dahulu di IKN.

“(Dana ini) tentu untuk membangun kawasan inti pusat pemerintahan,” jelas Isa.

BACA JUGA : PUPR Targetkan Program Pamsimas untuk Wujudkan Pemerataan Akses Air Minum

Sebelumnya, Staf Ahli Menkeu Bidang Pengeluaran Negara Made Arya Wijaya mengatakan pihaknya mengalokasikan total anggaran Rp27 triliun-Rp30 triliun dalam APBN 2023 untuk membangun IKN.

Dana itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar, akses jalan, gedung pemerintahan, sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana ketahanan, sarana prasarana kesehatan, dan sarana prasarana keamanan.(lal)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...