Sabtu, September 25, 2021
BerandaNewsMetropolitanMentan: Serapan KUR Pertanian Menyesuaikan Musim Tanam

Mentan: Serapan KUR Pertanian Menyesuaikan Musim Tanam

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian terus berproses dan menyesuaikan dengan musim tanam.

Hal itu disampaikan Mentan dalam keterangan pers seusai rapat terbatas dengan Presiden di Jakarta, Senin.

BACA JUGA : Begini Prosesi Musim Tanam di Banda Aceh

“Pertanian sampai hari ini salah satu komoditi yang terus berkembang cukup baik. Serapan KUR kita untuk 2021 berproses dan daya serapnya sudah di atas 40 persen lebih. Ini menyesuaikan dengan musik tanam,” jelas Mentan.

Dia mengatakan pada Agustus 2021, akan masuk pada musim tanam buah. Maka pada saat tersebut akan didorong penyaluran KUR yang lebih besar.

BACA JUGA : Mentan Pastikan Pupuk Subsidi Cukup Untuk Musim Tanam Kedua

Sementara itu terkait kesiapan, pihaknya akan terus melakukan konsolidasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian BUMN, untuk mengefektifkan KUR mulai hulu, pengolahan, pascapengolahan hingga pemasaran di marketplace.

“Data KUR pertanian memang di daftar kami NPL yang macet itu cuma 0,3 persen. Tentu ini data mikro yang ada, mungkin kalau di jumlah-jumlah berbeda datanya, tapi itu yang ada di kami,” jelasnya.

BACA JUGA : Petani Sulteng Diminta Tata Kembali Musim Tanam

Pada kesempatan tersebut Mentan juga menyampaikan harapan agar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dapat memfasilitasi KUR untuk komoditas porang dan sarang burung walet.

“Kami berharap pak Menko bisa memfasilitasi KUR untuk porang sebagai komoditi baru yang kita konsentrasi, kemudian sarang burung walet,” harap dia.(lal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...