Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsMetropolitanMay Day, Sejarah - Makna Peringatan Hari Buruh

May Day, Sejarah – Makna Peringatan Hari Buruh

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Apa itu May Day? May Day merupakan sebutan lain dari Hari Buruh Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Peringatan Hari Buruh juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pada Hari Buruh Sedunia 2022, para pekerja menggelar kegiatan May Day Fiesta di GBK. Berikut informasi selengkapnya tentang kegiatan May Day atau Hari Buruh Sedunia.

BACA JUGA : Antisipasi Penyusup, Polisi Periksa Barang Bawaan Massa May Day

Gerakan Buruh Tuntut Hak Kerja

Dilansir dari detik.com, May Day atau Hari Buruh Sedunia jatuh tanggal 1 Mei. Mengutip dari situs Britannica, gerakan buruh saat May Day bermula pada abad ke-19 di Amerika Serikat, di mana para buruh menuntut hak-hak pekerja, salah satunya menuntut jam kerja menjadi maksimal delapan jam per hari.

May Day juga untuk memperingati peristiwa Kerusuhan Haymarket di Chicago tahun 1886. Pada momentum tersebut, terjadi konflik antara buruh pengunjuk rasa dan polisi.

BACA JUGA : Massa Buruh Aksi May Day Bersiap Long March, Lalin Tersendat

Sebelum terjadi momentum Haymarket Chicago, organisasi buruh terbesar di Amerika (Knights of Labour) mendukung gerakan para pekerja untuk mogok dan berdemonstrasi. Kemudian, barulah terjadi kerusuhan di Haymarket Chicago.

Saat itu, polisi mencoba untuk meredam aksi massa. Namun, ada oknum yang melempar bom dan polisi langsung mengeluarkan tembakan acak. Akibatnya, tujuh petugas polisi tewas dan 60 lainnya terluka, serta 4 hingga 8 korban sipil diperkirakan tewas dan 30-40 orang terluka.

BACA JUGA : Akhir Cekcok Arteria Vs Wanita Kerabat Jenderal, Minta Maaf Lalu Pingsan

Melansir dari situs Times, Konferensi Sosialis Internasional pada tahun 1889 menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari libur internasional buruh (Hari Buruh Internasional) untuk memperingati peristiwa Haymarket.

Sejarah May Day di Indonesia

Apa itu May Day? May Day adalah Hari Buruh Sedunia adalah hari di mana para pekerja atau buruh di seluruh dunia menggelar aksi untuk menyampaikan tuntutan kepada pemerintah. Melansir dari laman Disnakertrans Sumatera Selatan, hari buruh di Indonesia dimulai pada era kolonial Hindia Belanda.

Peringatan ini dimulai tanggal 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee. Berawal dari tulisan Adolf Baars, seorang tokoh sosialis Belanda yang mengkritik harga sewa tanah milik kaum buruh terlalu murah untuk dijadikan perkebunan. Selain itu, Baars mengungkapkan bahwa kaum buruh bekerja keras tanpa upah yang layak.

BACA JUGA : Gelar Aksi May Day Fiesta, Lautan Massa Buruh Bakal Penuhi GBK

Setelah perayaan 1 Mei, buruh kereta api mengalami pemotongan gaji. Kemudian, mereka melakukan aksi mogok, namun diancam pemecatan apabila tidak segera kembali bekerja. Pada tahun 1926, peringatan Hari Buruh ditiadakan.

Kemudian pada 1 Mei 1946, Kabinet Sjahrir memperbolehkan perayaan ini. Undang-undang Nomor 12 Tahun 1948 mengatur bahwa setiap 1 Mei, buruh boleh tidak bekerja. Undang-undang tersebut juga mengatur perlindungan anak dan hak perempuan sebagai pekerja.

BACA JUGA : Dihujat Karena Penampilan Terbuka, Rachel Vennya: Itu Menurutku Hal Pribadi

Pada 1 Mei 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan hari buruh sebagai hari libur nasional. Dari tahun ke tahun, 1 Mei selalu menjadi ajang buruh untuk menuntut hak-haknya, mulai dari:

Upah yang pembayarannya tertunda
Jam kerja dan upah yang layak
Hak cuti hamil
Hak cuti haid
Hak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Kegiatan May Day Fiesta di GBK

Dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day, serikat buruh menggelar ‘May Day Fiesta’ di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, hari ini, Sabtu (14/5/2022). Selain May Day Fiesta, ada juga serangkaian demo di DPR.

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan GBK mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Diperkirakan ada 60.000 buruh yang akan ikut memeriahkan May Day Fiesta ini.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar kiranya besok mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB kiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/5).

Jadi, apa itu May Day? May Day atau Hari Buruh Sedunia diperingati tanggal 1 Mei. Hari Buruh digunakan para pekerja atau buruh untuk menyampaikan tuntutan hak-hak kerja kepada pemerintah.(ros)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

TikTokers Berhijab Pamer Payudara, Muhammadiyah: Blokir Akun ASM

NUSADAILY.COM - JAKARTA - TikTokers berhijab dengan akun ASM kini sedang disorot publik usai konten-kontennya dinilai vulgar karena pamer payudara. Muhammadiyah meminta pihak TikTok...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily