Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanMassa Aksi Kamisan Dibubarkan Paksa Aparat saat Kunker Jokowi di Medan

Massa Aksi Kamisan Dibubarkan Paksa Aparat saat Kunker Jokowi di Medan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Massa dari Aksi Kamisan Medan menggelar unjuk rasa damai di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Jalan Pulau Pinang, Kamis (7/7). Aksi tersebut bersamaan dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo yang menghadiri acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2022 di ibu kota Sumatera Utara itu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Massa berjumlah delapan orang, membentangkan poster berisi tuntutan dan protes terhadap Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). Namun aksi ini tak berlangsung lama. Massa langsung dibubarkan oleh puluhan aparat kepolisian.

BACA JUGA : Aliansi Pemuda dan Masyarakat Deli Serdang Peduli Aksi Tolak Kenaikan BBM di Gedung DPRD

“Hidup korban!, jangan diam!” ujar massa serentak sambil memegang poster. Kemudian aparat kepolisian mendatangi massa. Petugas merebut dan mengoyak poster tersebut.

Massa terus didorong menjauh dari area tempat mobil dinas Jokowi terparkir. Aksi massa tersebut juga berada di kawasan yang sama dengan acara yang dihadiri Jokowi.

BACA JUGA : Tiga Fraksi Tolak Pemecatan THL Banyuwangi, Akan Gunakan Hak Politik Dewan?

“Bawa ke sana. Foto orangnya satu-satu,” ujar seorang polisi berpakaian sipil.

Seorang massa aksi, Dinda mengatakan RKUHP memuat pasal pasal yang bermasalah. Karena itu massa ingin menyampaikan langsung kepada Jokowi agar pembahasan RKUHP melibatkan publik.

BACA JUGA : Soal Moeldoko Diusir Peserta Aksi Kamisan, Pengamat Politik Sebut Krisis Kepercayaan

“Kita mau sampaikan situasi nasional ada RKUHP yang akan disahkan, tapi publik tak dilibatkan. Pembahasannya dilakukan tertutup dan baru dikeluarkan rilis terbaru yang tak libatkan publik,” ujar Dinda yang juga perwakilan dari KontraS Sumut itu.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...