Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNewsMetropolitanLuhut Heran Orang Bilang China Kontrol Indonesia!

Luhut Heran Orang Bilang China Kontrol Indonesia!

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku heran atas anggapan orang yang menyebut China mengontrol Indonesia. Luhut lantas membeberkan data terkait perdagangan China dan Indonesia.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pernyataan itu disampaikan Luhut dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD seperti ditayangkan di akun YouTube PPAD TNI, Jumat (5/8/2022). Luhut awalnya berbicara mengenai kondisi ekonomi Indonesia yang mulai membaik.

BACA JUGA: Cerita Prabowo ke Luhut: Mau Punya Kabinet Seperti Jokowi Jika Terpilih Jadi Presiden

Luhut mengatakan musuh terberat untuk bangsa Indonesia maju adalah diri sendiri. Menurut Luhut, kadang sejumlah warga merasa tidak percaya Indonesia hebat.

Baru kemudian Luhut membeberkan data perdagangan China dan Indonesia. Dia mempertanyakan anggapan banyak orang soal China mendikte Indonesia.

“Ini Anda lihat juga tadi defisit perdagangan dengan China, bagaimana orang bilang China ngontrol kita? Dulu trade defisit kita dengan China itu 27 miliar dolar kemudian menurun 17 miliar dollar. Tahun lalu tinggal 2 sekian miliar dolar, tahun ini per kuartal kemarin tadi saya baru terima data itu kita sudah surplus 500 juta dollar, tahun ini kita mungkin surplus 1 sekian miliar dollar,” beber Luhut.

BACA JUGA: Anak Buah Luhut Pantau Daerah yang Belum Terapkan HET Minyak Goreng Curah

Luhut juga mempertanyakan data dari orang-orang yang menganggap China mengontrol Indonesia. Menurut Luhut, Indonesia sudah berada di jalan yang benar.

“Jadi kalau ada orang bilang kita dikontrol China saya juga kadang-kadang bingung ini yang ngomong ngerti nggak angka. Saya tentara, saya karena tiap hari di-brief oleh anak-anak muda di kantor saya saya jadi paham ini angka, we are on the right track, kita sekarang jalan di trek yang benar,” ujar Luhut dikutip dari detikcom.(eky)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Ampun! Inggris Masuki Jurang Resesi Dipicu Inflasi Tinggi

NUSADAILY.COM – INGGRIS – Lonjakan harga makanan dan energy terus berlanjut di negara monarki Inggris. Inflasi pada Juli 2022, kian meninggi dan mencapai level...