Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanLestari Moerdijat: Peningkatan Peran Puskesmas Penting dalam Pengendalian Covid-19

Lestari Moerdijat: Peningkatan Peran Puskesmas Penting dalam Pengendalian Covid-19

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM : JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, Peningkatan peran fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti klinik kesehatan dan Puskesmas harus segera diwujudkan.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu menurutnya, untuk mempersiapkan masyarakat menjalani keseharian pasca pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Bamsoet Dukung Pemanfaatan Dana CSR Perusahaan untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga

“Ketika faktor pengendalian harus dikedepankan dalam menjalani kehidupan pasca pandemi, saya kira peran para petugas kesehatan di fasilitas kesehatan yang dekat dengan masyarakat seperti Puskesmas dan klinik-klinik kesehatan sangat penting,”
Ucap Politisi perempuan yang Akrab di Sapa Rerie kepada Wartawan Senin (13/9/2021)

Dijelaskan pula, berdasarkan catatan Satgas COVID-19 di rentang Agustus hingga Mei 2021, positivity rate harian terendah dilaporkan di Maret, April, hingga Mei berturut-turut dengan angka 7,7%, 8,9%, hingga 8,5%. Peningkatan tajam positivity rate terjadi pada Juli 2021 hingga melampaui 40%.

BACA JUGA: Menanti Akhir Cerita Satgas BLBI Kejar Utang Tutut Soeharto

Namun, kata Rerie sejak itu positivity rate nasional menunjukkan tren menurun, hingga pada Minggu (12/9) tercatat 3,05% di bawah angka ideal dari WHO yaitu 5%.

BACA JUGA: Usai Alami Vandalisme, di Banyuwangi Baliho Puan Ditebang Satpol PP

“Ketika indikator penyebaran Covid-19 memperlihatkan kecenderungan terus membaik. Upaya pencegahan penularan pun harus ditingkatkan untuk menjaga konsistensi penurunan jumlah kasus positif Covid-19,” Jelasnya.

BACA JUGA: Banjir Bandang Terjang Bogor, Belasan Rumah Hanyut dan Jembatan Ambrol

Untuk mewujudkan hal itu, jelas Rerie, dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan yang berpengalaman. Dan memiliki kemampuan yang memadai untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap upaya-upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan virus korona.

“Langkah tersebut, dapat direalisasikan lewat peningkatan peran Puskesmas dan sejumlah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dekat dengan masyarakat. Agar upaya edukasi dan pencegahan penularan virus korona dapat dilakukan secara meluas,” Ungkap Rerie.

BACA JUGA: Fitri Carlina Goyang Times Square NY

Selain itu, tambah Rerie, para pemangku kepentingan di daerah juga bisa mengedukasi kelompok masyarakat untuk mengambil peran sebagai kader-kader penyuluh kesehatan. Untuk mempersiapkan masyarakat menjalani keseharian dengan disiplin protokol kesehatan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap, sejumlah upaya strategis dalam mempersiapkan masyarakat menjalani norma baru dalam keseharian pasca pandemi harus dipersiapkan dengan baik. Agar kondisi sebaran Covid-19 yang terkendali bisa terus terjaga.(sir/eky)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR