Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanKonsumsi Dex Series Naik Hingga 17 Persen di Jateng dan Yogyakarta

Konsumsi Dex Series Naik Hingga 17 Persen di Jateng dan Yogyakarta

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – PT Pertamina (Persero) mencatat terjadi peningkatan signifikan konsumsi bahan bakar kendaraan diesel jenis Dex Series hingga 17 persen di Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Dalam kurung waktu satu tahun terakhir 2020 hingga 2021, ada peningkatan konsumsi Dex Series yang signifikan hingga 17 persen di Regional Jawa Bagian Tengah yang meliputi Jawa Tengah dan Yogyakarta,” kata Manager Komunikasi & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Brasto Galih Nugroho dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin.

BACA JUGA : Pertamina Rambah Penjualan Avtur Hingga ke 47 Negara

Dia menyampaikan peningkatan tersebut bukan hanya dari kenaikan angka konsumsi Dex Series saja. Tapi juga dilihat secara proporsional BBM jenis gasoil.

Secara proporsi BBM gasoil, Dex Series di Regional Jawa Bagian Tengah terus meningkat dalam tiga tahun terakhir, yaitu 2,9 persen pada 2019, 3,1 persen pada 2020, dan 3,3 persen pada 2021.

BACA JUGA : Ahok Buka Suara soal ‘Duet’ KPK-Kejagung Usut Dugaan Korupsi LNG Pertamina

Peningkatan konsumsi Dex Series seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat maupun konsumen akan penggunaan BBM yang berkualitas.

Saat ini Pertamina tengah berupaya mendorong kendaraan-kendaraan diesel untuk memakai bahan bakar jenis Dex Series. Yaitu Dexlite dan Pertamina Dex karena menghasilkan performa optimal dan ramah lingkungan.

BACA JUGA : Pertamina Tambah Pasokan Solar dan Elpiji Tiga Kilogram

Brasto menerangkan bahwa kualitas BBM gasoil dapat dilihat dari nilai Cetane Number (CN) setiap produk.

“Dexlite memiliki CN 51, sementara Pertamina Dex CN 53. Semakin tinggi nilai CN, maka semakin tinggi juga performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan,” ujarnya.

BACA JUGA : Ahok Buka Suara soal ‘Duet’ KPK-Kejagung Usut Dugaan Korupsi LNG Pertamina

Lebih lanjut dia menjelaskan produk Dex Series juga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, sehingga mampu membersihkan ruang mesin dari karat dan kerusakan.

Produk Dexlite dan Pertamina Dex masuk ke dalam kategori BBM ramah lingkungan, karena kandungan sulfur pada gas buang lebih rendah.

“Penggunaan produk Dex Series mampu menjaga lingkungan tetap bersih dari polusi udara,” ucap Brasto.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily