Senin, Agustus 15, 2022
BerandaNewsMetropolitanKI Pusat Luncurkan Buku “Transformasi Monev Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia”

KI Pusat Luncurkan Buku “Transformasi Monev Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia”

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Komisi Informasi (KI) Pusat melaunching buku yang berjudul “Transformasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia”. Peluncuran tersebut berlangsung di Hotel Amarossa Grande Bekasi, Senin (29/11/2021) ditandai dengan penandatanganan Cover Buku oleh Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam sambutannya, Gede Narayana mengatakan jika terbitnya buku ini merupakan momen bersejarah bagi Komisi Informasi Pusat.

Selain itu, Kata Gede Narayana, buku ini akan menambah pengetahuan dan wawasan tentang filosofi di balik lahirnya Undang-Undang 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan dampaknya terhadap masyarakat.

BACA JUGA: Buku “The 10 New Bali” Edisi Bahasa Rusia Diharapkan Gaet Wisatawan

“Di buku ini kita akan melihat bagaimana Badan Publik telah berupaya menghadirkan inovasi untuk memenuhi kewajiban dalam memberikan sebanyak mungkin informasi kepada publik sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan membaca buku ini, publik dapat mengetahui bagaimana inovasi dan kolaborasi menjadi bagian penting dalam pelaksanaan keterbukaan informasi oleh Badan Publik.

Sementara itu, Penanggungjawab Monev BP KI Pusat Cecep Suryadi mengungkapkan terbitnya buku ini sangat penting. Guna memotret sejumlah kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan Monev selama rentang waktu 10 tahun.

Tidak hanya itu, ia juga menguraikan secara singkat mengenai iisi buku tersebut. Ia menyebut, di bagian pertama dibahas tentang BP harus menyediakan yang Akurat, Benar dan Tidak Menyesatkan kepada setiap warga negara.

“Untuk bagian kedua tentang Dinamika Komisi Informasi dan Badan Publik berisi Terealisasinya Visi Masyarakat Informasi, Potensi dan Tantangan Komisi Informasi, dan Keterbukaan Informasi Badan Publik,” paparnya.

BACA JUGA: BPIP Sebut 15 Buku Teks Materi Pancasila Tunggu Penetapan Presiden Jokowi

Sementara untuk bagian ketiga, sambung Cecep, tentang Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi, Monev dari Masa ke Masa, dan Monev di Masa Pandemi.

“Terakhir, bagian keempat bercerita tentang Monev dan Transformasi Layanan Informasi Publik, Pelaksanaan Monev 2021, Anugerah KIP 2021, dan
Masa Depan Keterbukaan Informasi Publik serta bagian kelima tentang Menuju Masyarakat Informasi, Monev di Mata Kolega serta Tim Penilai,” tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris KI Pusat MH Munzaer dalam laporannya, menyampaikan bahwa pelaksanaan peluncuran buku ini diikuti oleh seluruh Badan Publik untuk tujuh kategori berjumlah 337 yaitu BP Kementerian, Pemprov, BUMN, PTN, LNS, LN-LPNK, dan Parpol.

“Adapun yang melakukan testimoni terhadap buku ini adalah Atasan PPID (Pejjabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kementerian Pertanian, Atasan PPID Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Atasan PPID BUMN Kereta Api Indonesia, ketiganya termasuk BP yang Informatif untuk E-Monev 2021 ini,” tutupnya.

Sebagai Informasi, Adapun tujuh kategori BP, yaitu BP Kementerian, BP Pemerintah Provinsi, BP Lembaga Non Struktural (LNS), BP Lembaga Negara Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LN-LPNK), BP Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BP Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan BP Partai Politik (Parpol).(sir/lna)

BERITA KHUSUS

Gebyar Merah Putih, Pemkot Malang Pasang Belasan Ribu Bendera

NUSADAILY.COM – KOTA MALANG – Apel pagi jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kental dengan nuansa kebangsaan, Senin (15/8/2022). Pasalnya, pada momen tersebut turut dilangsungkan...

BERITA TERBARU

3 Tahun Ledug Suro Absen, IKM Roti Bolu Merana

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Kebijakan meniadakan Ledug Suro oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan pada Muharam atau Suro tahun ini membuat para pelaku IKM khusunya...