Senin, September 20, 2021
BerandaNewsMetropolitanKementerian ESDM Jadi Pionir Pengenalan "Core Values" ASN Terbaru

Kementerian ESDM Jadi Pionir Pengenalan “Core Values” ASN Terbaru

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi pionir dalam pengenalan core values dan employer branding aparatur sipil negara (ASN) terbaru, yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Selasa (27/7/2021).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan pada Rabu (28/7/2021) pihaknya langsung menyelenggarakan webinar “One Hour University” (OHU) untuk merespons peluncuran Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (27/7/2021) tersebut.

BACA JUGA : Syarief Hasan: Covid-19 Harus Diselesaikan Agar Perekonomian Nasional Cepat Pulih

Dalam webinar OHU yang menghadirkan motivator dan pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar ini para ASN Kementerian ESDM diharapkan dapat mengeksplorasi lebih jauh terkait core values Kementerian ESDM.

“Pak Presiden telah me-launching core values ASN, termasuk dengan employer branding. Sehari setelah itu (Rabu), kami memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi langsung dari ahlinya, yaitu Pak Ary. Saya berharap kesempatan kali ini kita dapat mengeksplorasi jauh lebih banyak lagi,” ujar Prahoro.

BACA JUGA : Ketua MPR: Perekonomian Nasional Jangan Sampai Lumpuh Akibat Kecemasan Covid – 19

Ary Ginanjar mengapresiasi langkah Kementerian ESDM, yang secara langsung mengenalkan core values dan employer branding terbaru ini kepada para pegawainya.

“Saya salut. Ini satu-satunya kementerian, tidak sampai 24 jam setelah Presiden mencanangkan ini, BerAKHLAK, kemudian Kementerian ESDM langsung meluncurkan programnya hari ini. Ini yang paling cepat mengenalkan core values,” tuturnya.

BACA JUGA : Menteri ESDM: Mineral dan Batu Bara Menggerakkan Perekonomian Nasional

Dalam paparannya, Ary mengatakan organisasi sebesar Kementerian ESDM harus mampu membangun karakter dan kultur organisasi, sejalan dengan pembangunan sistem kerja.

“Kementerian ESDM adalah sebuah organisasi besar, instansi yang besar, kalau kita hanya membangun tembok saja, membangun struktur saja, tetapi tanpa membangun karakter, tanpa membangun kultur, ya nasibnya sama seperti Tembok China,” katanya.

BACA JUGA : Lazada Vaksinasi Pelaku UMKM Digital dan Umum

Menurut Ary, seluruh organisasi pasti memiliki visi, misi, tujuan, struktur, strategi, dan sistem.

Namun, ketika eksekusi tidak terjadi sesuai harapan maka yang salah adalah budaya kerja atau corporate culture-nya. Sebagian besar organisasi akan fokus memperbaiki struktur dan sistem tersebut, padahal yang semestinya diperbaiki adalah budaya kerjanya.

Implementasi Hal

Ary juga mengatakan setelah Presiden meluncurkan core values dan employer branding terbaru maka seluruh instansi dan ASN harus mengimplementasikan hal yang sama.

Nilai-nilai Kementerian ESDM yang sudah ditetapkan sejak 2015 lalu, yaitu Jujur, Melayani, Profesional, Inovatif, dan Berarti, pun sudah termasuk dalam core values ASN terbaru.

“Setelah Pak Presiden meluncurkan, semua instansi, semua ASN core values-nya satu, yaitu BerAKHLAK. Employer branding-nya apa? Semua harus Bangga Melayani Bangsa,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi ASN.

Core values terbaru adalah BerAKHLAK, yang merupakan akronim yang berorientasi pelayanan yakni, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Bersamaan dengan itu, para ASN di Indonesia juga memiliki employer branding #BanggaMelayaniBangsa.(lal)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...