Minggu, Januari 23, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanKemenkes Ingatkan Masyarakat Waspadai Gelombang Ketiga saat Nataru

Kemenkes Ingatkan Masyarakat Waspadai Gelombang Ketiga saat Nataru

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Seluruh masyarakat Indonesia diimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman gelombang ketiga pandemi COVID-19, terutama saat Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Saat ini Indonesia masuk ke dalam fase dimana angka kejadian COVID-19 tidak meningkat,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Widyawati melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

BACA JUGA: DPR: Pemerintah Bertindak Cepat Cegah COVID-19 Gelombang Ketiga

Widyawati mengatakan mobilisasi masyarakat harus dikendalikan semaksimal mungkin, sehingga lonjakan kasus tidak terjadi. Bulan Juli lalu terjadi kasus kematian akibat COVID-19 terbanyak sepanjang pandemi melanda Indonesia.

Sebanyak 32.061 kasus kematian selama periode 1-29 Juli. Jumlah itu empat kali lipat lebih banyak dibandingkan Juni 2021 dengan total 7.913 kasus kematian, kata Widyawati.

BACA JUGA: RI Harus Waspadai Gelombang Ketiga Corona Akhir Desember

Ia mengatakan pemerintah telah memberlakukan pembatasan mobilitas melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mencegah penularan COVID-19.

“Masyarakat jangan sampai melupakan kejadian di bulan Juli yang menyebabkan banyak kematian akibat COVID-19. Patuhi protokol kesehatan jangan sampai lengah,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga pandemi COVID-19, kata Widyawati, pemerintah juga menerapkan PPKM Level 3 terhitung mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

BACA JUGA: Berpacu Cegah Gelombang Ketiga COVID-19, Melbourne Lockdown Selama Lima Hari

Menurut Widyawati, upaya itu dilakukan untuk melindungi masyarakat dari penularan COVID-19. Jangan sampai kebebasan sesaat ketika Natal dan Tahun Batu menyebabkan kasus COVID-19 kembali naik. Akibatnya, akan berdampak buruk bukan dari sisi kesehatan saja, tapi perekonomian jadi tidak berjalan.

“Masih ada masyarakat yang terpapar COVID-19 walaupun sangat kecil. Jadi, tetap laksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak), dan hindari kerumunan, serta kurangi mobilitas,” ujarnya.

BACA JUGA: Camelia Malik Baper, Akui Sempat Tergila-gila ke Rhoma Irama

Pemerintah juga melakukan percepatan kegiatan vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan kelompok. Masyarakat diimbau tidak memilah-milah jenis vaksin, karena semua jenis vaksin yang disediakan pemerintah adalah vaksin terbaik.

Widyawati mengatakan upaya dari masyarakat pun berperan penting untuk menghindari gelombang ketiga pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Kalau masyarakat peduli dan disiplin protokol kesehatan, COVID-19 ini bisa dicegah dan tidak terjadi gelombang ketiga,” katanya.(eky)

@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed