Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsMetropolitanKemenag Gelar Sidang Isbat Hari Raya Iduladha 1443 H Hari Ini

Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Raya Iduladha 1443 H Hari Ini

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal Zulhijah 1443 H sekaligus menentukan hari Raya Idul Adha 1443 H pada hari ini, Rabu (29/6).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kami akan menggelar Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Iduladha 1443 H,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib dalam keterangan resminya dikutip Rabu (29/6).

BACA JUGA : Tiket Pesawat Semakin Mahal Jelang Iduladha, KKPU Panggil Maskapai Penerbangan

Sidang Isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Adib juga menjelaskan pelaksanaan Sidang Isbat jadi bagian penting dari tugas Kemenag. Karenanya, dia meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

“Belajar dari Sidang Isbat yang sudah kita laksanakan yaitu Sidang Isbat Awal Ramadan dan Sidang Isbat Awal Syawal, meski resonansi Sidang Isbat Awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal,” pesannya.

Adib menyampaikan sidang Isbat penentuan awal Zulhijah 1443 H, menunggu hasil rukyatul hilal di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama, Ormas Islam, serta instansi lain setempat.

BACA JUGA : Kasal: Peringatan Iduladha Tingkatkan Empati dan Jiwa Sosial Prajurit

Kemenag telah menentukan titik pemantauan hilal di 86 lokasi seluruh wilayah Indonesia. Kemenag menjelaskan semua sistem hisab menyepakati ijtimak menjelang Zulhijah 1443 H jatuh pada Rabu, 29 Juni 2022 M bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah 1443 H sekitar pukul 9:52 WIB.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Dampak Krisis Energi Juga Berimbas Pada Olahraga

NUSADAILY.COM – WINA – krisis energi dan kenaikan harga listrik yang signifikan awal September di Wina dan Austria Hilir, kenaikan besar-besaran harga di...