Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanJangan Kabur, Ini Aturan Jika Terlibat dalam Kecelakaan

Jangan Kabur, Ini Aturan Jika Terlibat dalam Kecelakaan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pengendara Toyota Rush diduga melakukan aksi tabrak lari usai menabrak pemotor. Mobil pun sempat diamuk massa di sekitar lokasi kejadian. Sayangnya, belum diketahui dengan pasti kronologi atas insiden tersebut. Sejatinya, bila terlibat kecelakaan pengendara harus memberhentikan kendaraan yang dikemudikannya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Mengacu pada Undang-undang No.22 tahun 2009 pasal 231, disebutkan bahwa kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas wajib:

1. menghentikan kendaraan yang dikemudikannya
2. memberikan pertolongan kepada korban
3. melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat, dan
4. Memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian kecelakaan

BACA JUGA: Angka Kecelakaan Turun Selama Mudik Lebaran 2022, Ini Penjelasan Polri

Adapun bila suatu keadaan memaksa Anda tidak dapat berhenti dan menolong korban, dalam pasal 231 ayat 2 disebutkan untuk segera melaporkan diri ke pihak kepolisian terdekat.

Begitu pula bagi Anda yang berada di lokasi kejadian, sebaiknya tidak main hakim sendiri. Dalam pasal 232 diatur bahwa setiap orang yang mendengar, melihat, dan/atau mengetahui terjadinya kecelakaan lalu lintas wajib:

1. memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas
2. melaporkan kecelakaan tersebut kepada pihak kepolisian
3. memberikan keterangan kepada polisi.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Pakar Politik Nilai PDIP Jadi Kunci Prabowo Menang Pilpres 2024

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dukungan kepada Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden digaungkan sejumlah kalangan salah satunya baru-baru ini dari Persatuan Purnawirawan Indonesia...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily