Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsMetropolitanJamiluddin Ritonga: Ketegasan Anies Harus Melindungi Karyawan dari PHK

Jamiluddin Ritonga: Ketegasan Anies Harus Melindungi Karyawan dari PHK

NUSADAILY.COM – JAKARTAPengamat Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menuturkan langkah tegas Anies Baswedan menyegel kantor non-esensial yang melanggar PPKM Darurat layak diapresiasi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Selain itu, katanya Ketegasan Anies untuk meminta kepolisian memproses hukum pemilik kantor yang melanggar PPKM Darurat juga patut diajungkan jempol.

” Di masa darurat, apalagi berkaitan dengan nyawa manusia, seharusnya memang tidak ada kompromi. Aturan harus dijalankan dan ditegakkan tanpa memandang bulu,” ucap Jamiluddin Ritonga dalam Keterangan tertulisnya kepada Nusadaily. Com Rabu 7 Juli 2021.

Dirinya juga mengatakan, memang sudah saatnya menomorsatukan sisi kesehatan daripada ekonomi, oleh karena itu dia menilai, jika Anies harus berani mengatakan tidak terhadap pendekatan yang kental aspek ekonomisnya. Sebab, pendekatan kompromistis selama ini sudah terbukti tidak efektif.

” Dengan ketegasan itu diharapkan perusahaan di Jakarta mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dalam PPKM Darurat. Perusahaan suka tidak suka harus menyesuaikan diri dengab aturan PPKM Darurat,” Ungkap Dekan FIKOM IISIP Jakarta 1996 – 1999 itu.

Minta Anies Harus Konsisten

Ia juga menambahkan, hanya dengan kepatuhan bersama terhadap aturan PPKM Darurat, peluang menurunkan lonjakan kasus Covid-19 dapat diminimalkan. Untuk itu, Anies harus konsisten melaksanakannya agar dapat dicontoh pemimpin lainnya.

” Konsekuensi dari ketegasan itu, Anies tentunya harus melindungi karyawan dari kemungkinan PHK. Perusahaan yang melanggar PPKM Darurat juga harus diberi sanksi tegas bila melakukan PHK terhadap karyawannya, ” Ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Jamiluddin, Anies sudah menegakkan kewibaan pemerintah baik kepada pemilik perusahaan maupun karyawan. Kewibaan ini yang selama ini sudah hilang dalam penanganan Covid-19 sehingga kepatuhan masyarakat sulit diperoleh.

” Jadi, melalui ketegasan Anies, diharapkan kepercayaan masyarakat terhdap pejabat publik dapat dipulihkan. Trust pejabat inilah yang diperlukan agar masyarakat mendukung sepenuh hati PPKM Darurat. Untuk itu, Anies bersama warga Jakarta harus memeloporinya, ” Pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Selasa 6 Juli 2021 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan nampak marah saat melakukan sidak di perkantoran non esensial. Pasalnya, masih banyak yang tidak menutup operasionalnya.

Anies juga merasa kesal, karena aturan yang sudah dibuat dilanggar. Padahal, pemerintah menerapkan PPKM Darurat untuk keselamatan bersama.(sir/aka)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...