Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsMetropolitanIni Respon Ketua MPR RI Soal Pelaku UMKM Kurang Kuasai Platfom Digital

Ini Respon Ketua MPR RI Soal Pelaku UMKM Kurang Kuasai Platfom Digital

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) merespon banyaknya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah/UMKM yang kurang menguasai platform digital atau minim literasi digital. Dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (12/10/2021), Bamsoet meminta kepada pemerintah  melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah/Kemenkop-UKM untuk membuat program pendidikan dan pelatihan (diklat) terkait pemahaman platform digital tersebut. 

Di samping itu, dia juga mengimbau agar pemerintah menggencarkan upaya digitalisasi UMKM hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. 

“Digitalisasi UMKM di tengah situasi pandemi menjadi salah satu upaya efektif agar UMKM tetap bisa memasarkan produk-produknya,” terangnya. 

Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga meminta agar Kemenkop-UKM mendata UMKM yang berada di luar wilayah kota-kota besar. 

Menurutnya, keberadaan UMKM di berbagai daerah menjadi salah satu sarana untuk membangun secara merata tingkat perekonomian di Indonesia.

“Kami berharap Kemenkop-UKM meningkatkan literasi digital dan pengetahuan/knowledge agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial dan e-commerce,” ujar Bamsoet. 

Karena hal tersebut, kata Bamsoet untuk memperluas dan mengembangkan pangsa pasar, bahkan hingga ke pangsa pasar internasional.

Disarankan pula oleh Bamsoet  Kemenkop-UKM  dapat memberikan pendampingan untuk transformasi digital bagi para pelaku UMKM secara maksimal, sehingga inklusi digital dan pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia dapat terwujud. 

“UMKM memberikan kontribusi sekitar 60 persen terhadap pendapatan domestik bruto/PDB nasional, dan menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja di Indonesia,” Tandasnya.(sir/wan).

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...