Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsMetropolitanIndonesia Resmi Miliki 3 Provinsi Baru, Berada di Pulau Papua!

Indonesia Resmi Miliki 3 Provinsi Baru, Berada di Pulau Papua!

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Indonesia resmi memiliki tiga provinsi baru sehingga total provinsi di Indonesia berjumlah 37. Tiga provinsi baru, yang berada di Pulau Papua, akan dipimpin oleh Penjabat Gubernur lebih dulu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Tiga provinsi baru itu ialah Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Selatan. Pengesahan tiga Undang-undang tentang tiga provinsi itu dilakukan DPR dalam Rapat Paripurna yang digelar pada Kamis (30/6/2022).

BACA JUGA: Ketua Majelis Klasis Kota Kupang Ajak Warga Dukung MTQ Tingkat Provinsi NTT

“Kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah RUU Provinsi Papua Selatan, RUU Provinsi Papua Tengah, dan RUU Provinsi Pegunungan dapat disetujui untuk disahkan menjadi Undang-Undang?” tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada peserta rapat.

“Setuju,” jawab para peserta rapat.

Dalam draf UU yang telah disahkan DPR, terdapat aturan soal pemerintahan daerah di tiga provinsi baru tersebut. Semuanya tertera dalam pasal 8 masing-masing UU.

Mengutip detikcom, nantinya, peresmian Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Penjabat Gubernur masing-masing provinsi oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden. Peresmian dan pelantikan Pj Gubernur masing-masing provinsi itu paling lama dilakukan enam bulan sejak UU tersebut diundangkan.

BACA JUGA: Daftar Harga Pertalite & Pertamax Terbaru di Seluruh Provinsi RI

Lalu siapa yang berhak menjadi Pj Gubernur selama Gubernur dan Wakil Gubernur definitif belum terpilih lewat Pemilu serentak?

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Motor Bonceng 3 Tertabrak KA di Jember, 1 Tewas

NUSADAILY.COM – JEMBER – Kecelakaan di perlintasan kereta api (KA) terjadi di Jember. Kekinian, kecelakaan di perlintasan KA terjadi perlintasan Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo....