Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaNewsMetropolitanHore! Minyak Goreng Harga RP11.500 Mulai Dijual Hari Ini

Hore! Minyak Goreng Harga RP11.500 Mulai Dijual Hari Ini

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan minyak goreng dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp11.500 per liter dijual mulai hari ini (1/2).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Per 1 Februari 2022 kami akan memberlakukan penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng,” kata Lutfi dalam konferensi pers, Kamis (24/1) lalu.

BACA JUGA : Terungkap! Biang Kerok yang Bikin Minyak Goreng Jadi Gaib

HET sebesar Rp11.500 per liter berlaku untuk minyak goreng curah. Sementara, Rp13.500 per liter dikenakan untuk minyak goreng sederhana, dan Rp14 ribu per liter tetap berlaku untuk minyak goreng premium.

Harga minyak goreng tersebut sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

BACA JUGA : Duh! Minyak Goreng Sudah Murah Rp 14 Ribu, tapi Kosong

Sebelumnya, atau selama masa transisi harga minyak goreng masih dikenakan sebesar Rp14 ribu per liter. Hal tersebut dilakukan mengingat penyesuaian yang akan dilakukan oleh produsen dan pedagang minyak goreng.

Lutfi mengatakan pemerintah akan mengambil langkah hukum yang tegas bagi seluruh pelaku usaha minyak goreng yang tidak mematuhi aturan harga tersebut.

BACA JUGA : KPPU Endus Praktik Kartel di Balik Harga Minyak Goreng Selangit

Selain itu, ia mendorong produsen untuk segera mempercepat penyaluran minyak goreng dan memastikan tidak terjadi kekosongan stok di tingkat pedagang dan pengecer.

Di sisi lain, Lutfi mengimbau agar masyarakat bijak dalam membeli minyak goreng dan tidak melakukan panic buying. Sebab, pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

“Kami berharap dengan kebijakan ini harga minyak goreng dapat menjadi lebih stabil dan terjangkau untuk masyarakat, serta tetap menguntungkan bagi para pedagang, distributor, hingga produsen,” tandasnya.(lal)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

14 Halte Trans Jatim di Sidoarjo Siap Beroperasi Mulai 19 Agustus

NUSADAILY.COM - SIDOARJO - Pemprov Jawa Timur akan menyiapkan tranportasi publik bernama Trans Jatim yang melewati wilayah aglomerasi Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik. Di Sidoarjo,...