Kamis, Mei 26, 2022
BerandaNewsMetropolitanHari Ini, DPR Akan Sahkan RUU Ibu Kota Negara Lewat Sidang Paripurna

Hari Ini, DPR Akan Sahkan RUU Ibu Kota Negara Lewat Sidang Paripurna

NUSADAILY.COM – JAKARTA – DPR akan menentukan pengesahan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) pada rapat paripurna, Selasa (18/1) atau hari ini.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu dilakukan setelah RUU IKN disetujui pada tingkat pertama di rapat Panitia Khusus IKN.

BACA JUGA : Ada 80 Usulan Nama Ibu Kota Baru, Mulai Negara Jaya-Cakrawala Pura

RUU gagasan Presiden Joko Widodo itu mendapat dukungan dari 8 fraksi dalam pembahasan. Hanya Fraksi PKS yang menyatakan penolakan pada rapat tersebut.

“Saya ingin meminta persetujuan kepada kita semua apakah RUU ini, RUU tentang IKN yang sudah kita bahas dapat kita setujui dan kemudian kita proses lebih lanjut sesuai dengan peraturan DPR RI untuk dilanjutkan pada tahap pembicaraan tingkat 2? Apakah bisa kita setujui?” kata Ketua Pansus IKN Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/1) dini hari.

BACA JUGA : Duh! Diramal Ada Ancaman Serius di Ibu Kota Baru RI

Pembahasan RUU IKN dikebut. Bahkan, Pansus IKN rela menggelar rapat dari Senin (17/1) pukul 11.00 WIB hingga 03.30 WIB pada Selasa (18/1).

Pada pembahasan maraton itu, DPR dan pemerintah membicarakan 40 pasal yang akan masuk dalam RUU IKN. Pasal-pasal itu meliputi pemberian nama Nusantara sebagai Ibu Kota Negara baru yang diusulkan Presiden Joko Widodo, penentuan sistem atau bentuk pemerintahan IKN, hingga pendanaan IKN.

BACA JUGA : Bangun Ibu Kota Baru, Uang Makan Pekerjanya Bisa 7,5 Miliar dalam Sehari

Pihak DPR dipimpin oleh politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. Turut hadir Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Adapun pihak pemerintah diwakili oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Mendagri Tito Karnavian, dan Menkumham Yasonna Laoly.

Setelah disahkan pada tingkat pertama, rancangan undang-undang akan dibawa ke rapat Badan Musyawarah DPR. Apabila disetujui dalam rapat itu, RUU akan dibawa ke sidang paripurna. Pada sidang paripurna, akan digelar pembahasan tingkat dua dan pengesahan.(sir)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Duh! Suami Istri di Jakbar Cetak Uang Palsu, Sasar Pedagang Pasar

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Pasangan suami-istri berinisial MT (35) dan MH (29), pembuat uang palsu di Kalideres, Jakarta Barat ditangkap polisi. Setelah diinterograsi, kedua...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily