Minggu, September 25, 2022
BerandaNewsMetropolitanHadiri Diskusi Kebangsaan Generasi Muda NU, Ma'ruf Cahyono Beberkan Peran Penting Pemuda

Hadiri Diskusi Kebangsaan Generasi Muda NU, Ma’ruf Cahyono Beberkan Peran Penting Pemuda

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma’ruf Cahyono SH., MH saat hadir dalam kegiatan Talk Show Kebangsaan yang digelar oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Cabang Banyumas, Sabtu (25/12/2021), menyampaikan jika generasi muda mempunyai peran penting dalam sejarah perjalanan bangsa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dikatakan pula, oleh Ketua Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Unsoed itu, generasi muda sejak tahun 1908, 1928, 1945, 1966, 1998, serta momen-momen penting yang lain telah berkontribusi untuk membangun peradaban dan perubahan bangsa.

“Generasi muda harus tetap memiliki eksistensi,” ujarnya dalam kegiatan yang digelar aula hotel Purwokerto Banyumas, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Gus Yahya Pimpin PBNU, Ahmad Muzani Berharap Dapat Mempererat Persatuan Bangsa

Menurutnya, eksistensi merupakan suatu hal yang penting sebab bangsa ini kelak akan didominasi oleh generasi muda. Sebagai kelompok yang dominan dan sebagai pemegang tongkat estafet keberlanjutan bangsa dan negara, ditegaskan agar mereka tidak mudah menyerah dan putus asa.

Oleh sebab itu, sebagai pelanjut tongkat estafet kepemimpinan, Ma’ruf Cahyono mendorong agar generasi muda cerdas.

“Karena, berbekal kecerdasan inilah yang akan membuat generasi muda mampu dalam menyambut masa-masa yang akan datang,” ungkapnya.

Selain itu ia menilai sebagai warga negara, generasi muda juga didorong tetap memiliki jiwa persatuan, dan Kelompok ini disebut harus bersatu, cerdas, dan optimis.  

“IPNU dan IPPNU harus menjadi generasi muda yang bersatu, cerdas, dan optimis,” tegas pria yang juga menjadi Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed itu.

Ma’ruf Cahyono menambahkan, generasi muda juga perlu memiliki jati diri bangsa yang kuat, karena Jati diri bangsa ini bersumber pada Pancasila, sebagai dasar negara yang keberadaannya harus tetap dijaga, dirawat, dan dipelihara.

Dirinya mengingatkan, jika suatu bangsa tak akan menjadi besar kalau tak ditopang pondasi yang kuat.

“Nilai-nilai Pancasila inilah yang menjadi jati diri kita,” paparnya.

Ma’ruf Cahyono juga menegaskan jika Pancasila jangan hanya sekadar dihafal namun nilai-nilai yang ada diimplementasikan dalam kehidupan keseharian

“Dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang ada maka kita akan mencintai dan bangga pada Indonesia,” pungkasnya.(sir/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Duh! Ferdi Anak Sule Unfollow Nathalie Holscher: Sedih Karena Sayangya Minta Ampun

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Nathalie Holscher dan putra ketiga Sule punya kedekatan yang beda dengan kakaknya. Namun, tiba-tiba saja si bungsu buah hati Sule...