Senin, Oktober 18, 2021
BerandaNewsMetropolitanGulkarmat Jaktim Bentuk Sistem Ketahanan Kebakaran di Tingkat RW

Gulkarmat Jaktim Bentuk Sistem Ketahanan Kebakaran di Tingkat RW

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur membentuk Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) di tingkat RW.

BACA JUGA : Pemkot Jaksel Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Mampang Prapatan

Kasi Pencegahan Kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko menjelaskan, pembentukan SKKL itu untuk melibatkan warga dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran di lingkungan mereka.

“Ketika ada kebakaran tim dal SKKL ini bergerak cepat melakukan penanganan awal agar kasus kebakaran tidak membesar,” kata Edi Parwoko di Jakarta, Senin.

Edi menambahkan  sejumlah Rukun Warga (RW) di Jakarta Timur telah memiliki SKKL seperti di RW 05 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas dan RW 04 Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung.

BACA JUGA : Kebakaran Pabrik Pengolahan Kayu PT GRAPARI Kota Probolinggo, Kerugian Miliaran Rupiah

Dalam pembentukan SKKL di RW 05 Kelurahan Kelapa Dua Wetan pada Minggu (22/8), kata Edi. Sebanyak 20 warga dilatih melakukan penanganan awal saat terjadi kebakaran. Pembentukan SKKL di RW 04 Kelurahan Pondok Ranggon pada Jumat (20/8) diikuti 40 warga.

“Mereka dilatih cara menggunakan handuk basah untuk penanganan saat terjadi kebocoran gas dan penggunaan alat pemadam api ringan (Apar),” ujar Edi.

BACA JUGA : Terdampak Pandemi, Pedangdut Magetan Jualan Pecel

Dia berharap ilmu yang dipelajari itu dapat digunakan oleh warga dalam melakukan penanganan saat terjadi kebakaran di lingkungan masing-masing. “Kami harap ilmu yang didapat bisa disosialisasikan ke warga lain,” ujar Edi.(ros)

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Meski Usia Baru Seumur Jagung, Kota Batu Bertabur Prestasi

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Kota Batu masih berusia relatif muda dibandingkan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur. Tepat di hari ini, Minggu (17/10), kota...