Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNewsMetropolitanGambar 'Semut' di TV Analog Bisa Jadi Bukti Awal Tercipta Alam Semesta?

Gambar ‘Semut’ di TV Analog Bisa Jadi Bukti Awal Tercipta Alam Semesta?

NUSADAUILY.COM – JAKARTA – Kalian bisa membuktikan kebenaran akan teori Big Bang terkait awal mula terciptanya alam semesta. Tidak perlu jauh-jauh, sebab dengan terjadinya semut di TV analog jadi penandanya.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Istilah gambar semut yang terjadi di TV mengacu saat visual yang ditampilkan tidak jelas, justru tampak buram. Selain di TV analog, ini juga terjadi pada pita kaset Video Home System (VHS). Semut di TV digital juga ada namun terlihat lebih mulus dan tidak terlalu acak dikarenakan kuantisasi yang bersifat inheren.

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengungkapkan pola acak tersebut adalah hasil dari derau (noise) elektromagnetik yang tertangkap oleh antena penerima.

BACA JUGA: Stasiun TV Siap Siaran Digital di W ASO Tahap I

Selain gambar semut di TV, bukti kebenaran teori big bang ini juga dapat terlihat pada noise di radio.

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan, Andi Pangerang mengatakan banyak sumber derau elektromagnetik yang menghasilkan pola tampilan statik seperti ini. Derau atmosfer adalah sumber yang paling dominan.

“Derau atmosfer mencakup sinyal-sinyal elektromagnetik yang tercipta ‘fosil’ big bang berupa CMB (Cosmic Microwave Background) atau radiasi kosmik yang dapat kita observasi saat ini dan atau derau gelombang radio berskala lokal dari perangkat elektronik lain di dekatnya,” ujar Andi dalam situs LAPAN seperti dilihat, Minggu (3/7/2022).

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Ojo Dibandingke Lagunya Dinyanyikan di Istana Merdeka, Abah Lala: Bangga, Alhamdulillah

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Lagu dangdut berjudul Ojo Dibandingke dinyanyikan di Istana Merdeka dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Lagu tersebut dibawakan oleh...