Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaNewsMetropolitanEkonomi Indonesia Perlahan Pulih Karena Ekspor dan Momen Lebaran

Ekonomi Indonesia Perlahan Pulih Karena Ekspor dan Momen Lebaran

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil mencapai 5,44 persen (yoy) pada kuartal II-2022. Hal ini menandakan pemulihan ekonomi terus berlanjut sejak tahun lalu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebutkan kinerja ekonomi yang impresif pada kuartal II ini dipicu oleh kenaikan harga komoditas unggulan di pasar internasional hingga konsumsi yang meningkat.

Konsumsi rumah tangga sebagai pendorong utama perekonomian berhasil tumbuh 5,51 persen (yoy). Peningkatan ini didukung oleh momen hari raya yang terjadi pada Mei lalu.

BACA JUGA : Melihat Ambruknya Aktivitas Pabrik Dunia, Alarm Bahaya Ekonomi RI Menyala

Konsumsi rumah tangga berkontribusi sebesar 51,47 persen dalam pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Sektor ini menjadi penopang utama.

“Ini tumbuh karena ada momen hari raya Idulfitri atau lebaran yang membantu meningkatkan konsumsi kita,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/8).

Pendorong lainnya adalah ekspor yang tumbuh hingga 19,74 persen (yoy). Kinerja ekspor ditopang lonjakan harga pada sejumlah komoditas unggulan Indonesia di pasar global, seperti batu bara, nikel, tambang dan minyak kelapa sawit.

“Gangguan rantai pasok dunia berdampak pada kenaikan harga komoditas unggulan Indonesia dan memberikan windfall (durian runtuh) terhadap kinerja ekspor,” kata Margo.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Idap Hipertensi, Ibu di Tasikmalaya Meninggal Usai Terjatuh saat Lomba Balap Karung

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kapolsek Mangkubumi Iptu Hartono mengatakan Rini (29) warga yang meninggal usai terjatuh saat lomba balap karung, memiliki riwayat penyakit darah...