Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanDPW NasDem di Seluruh Indonesia Buka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual

DPW NasDem di Seluruh Indonesia Buka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Angka kekerasan seksual setiap tahunnya terus meningkat. Menurut Catatan Tahunan Komnas Perempuan, sejak tahun 2008 hingga tahun 2019 kenaikan angka kekerasan seksual naik 800%.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Angka tersebut terus mengalami penambahan di tahun 2020 dan 2021 dan belum ada tanda-tanda menurun.

BACA JUGA: 88% Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Terjadi di Sekolah

“Menurut data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan  Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, sejak 1 Januari hingga 10 Desember 2021, tercatat 668 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan. Angka ini menunjukkan bahwa permasalah ini sangat serius dan perlu mendapat perhatian khusus, maka langkah Fraksi NasDem mendukung Rancangan Undang – Undang TPKS tidak hanya mengatur tindakan represif namun juga menjelaskan langkah-langkah preventif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,” Ungkap Valeninus Boro, Wakil Sekretaris Bidang Ideologi, dan Keanggotaan kepada Nusadaily.com, Selasa (18/1)

Partai NasDem terus konsisten membahas RUU TPKS dengan menyelenggarakan berbagai acara seperti Forum Group Discussion (FGD), Konsinyering, menyelenggarakan beberapa agenda audiensi bersama elemen masyarakat yang menaruh perhatian pada isu kekerasan, perempuan, dan kejahatan seksual.

BACA JUGA: Ketua Panja: RUU PKS Akan Mencakup Kekerasan Seksual di Dunia Digital

Tidak hanya itu, Partai NasDem juga telah berupaya mengedukasi masyarakat dengan berbagai macam cara terkait urgensi penghapusan kekerasan seksual.

Edukasi ini dianggap penting untuk menghalau berita bohong (hoaks) yang terlanjur mencitrakan RUU TPKS ini sebagai gerbang seks bebas dan legalitas LGBTQ.

Padahal muatan konten RUU TPKS hanya menyangkut pencegahan, pendampingan, keterjaminan akses hukum, pidana, hingga pemulihan pasca trauma.

BACA JUGA: Polresta Padang Ungkap Kekerasan Seksual Anak Meningkat

“Selain itu, langkah konkret Partai NasDem untuk mendukung keputusan Fraksi tersebut adalah dengan membuka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di seluruh Indonesia,” tambah Valen.

Partai NasDem menginginkan sebuah kebijakan yang dapat berdampak langsung kepada masyarakat, bukan hanya elitis semata. Fenomena gunung es kekerasan seksual terjadi karena satu diantaranya adalah faktor ketidaktahuan korban atau penyintas kekerasan seksual untuk melapor kemana dan tidak terjaminnya hukum atas kasus kekerasan seksual.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat : Negara Bertanggung Jawab Menghapus Kekerasan Seksual

Oleh karenanya, Partai NasDem membuka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di setiap kantor DPW di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan Badan Advokasi Hukum (BAHU), Garda Wanita Malahayati, dan Rumah Aman.

Masyarakat dapat langsung datang ke Kantor DPW Partai NasDem di masing-masing provinsi untuk mendapatkan layanan pendampingan hukum, konsultasi, hingga layanan recovery mental jangka pendek. Selain itu, Partai NasDem juga menjamin rasa nyaman dan keamanan data bagi setiap pengadu.

“Partai NasDem berharap, Posko Pengaduan Kekerasan Seksual dapat bermanfaat bagi masyarakat dan semoga dapat menjadi jawaban dari peliknya kasus kekekerasan seksual,” pungkas Valen.(mic)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily