Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaNewsMetropolitanDisdukcapil DKI Buka Posko Layanan untuk Warga Terdampak Ganti Nama Jalan, Ini...

Disdukcapil DKI Buka Posko Layanan untuk Warga Terdampak Ganti Nama Jalan, Ini Daftar Lokasinya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta akan membuka posko layanan bagi warga yang ingin mengubah alamat akibat pergantian 22 nama jalan. Layanan itu akan digelar di enam titik wilayah Jakarta.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan layanan itu digelar sesuai dengan penamaan 22 nama jalan baru yang sudah diputuskan. Dia mengatakan pergantian nama jalan tersebut menyebabkan kolom alamat di KTP warga hingga kartu keluarga juga harus berubah.

BACA JUGA: Anies Ganti 22 Nama Jalan di Jakarta, Apakah Warga Harus Ganti Juga Sertifikat Tanah?

“Sesuai dengan Keputusan Gubernur nomor 565 Tahun 2022 tentang ‘Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona Dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta’ terdapat 22 nama jalan baru dengan nama yang berasal dari tokoh Betawi,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/6/2022).

“Berubahnya jalan dengan nama tokoh Betawi tersebut, berubah pula kolom alamat di KTP, KIA dan Kartu Keluarga. karena memang blangko merupakan bahan dasar dalam pencetakan KTP elektronik dan KIA,” sambungnya.

Mengutip detikcom, Disdukcapil DKI mencatat ada 5.637 warga terdampak pergantian nama jalan. Budi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan ketersediaan blangko KTP dan KIA.

“Dukcapil DKI telah berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI untuk ketersediaan blangko KTP-el dan KIA. Berdasarkan data yang ada bahwa Wajib KTP yang terdampak terkait perubahan nama jalan sebanyak 5.637 warga,” jelas Budi.

BACA JUGA: Pro Kontra 22 Nama Jalan Baru di Jakarta, Begini Reaksi Netizen

Budi menyebut layanan itu akan digelar secara berkelanjutan dan akan berpindah lokasi secara acak. Berikut, 6 lokasi pelayanan perubahan alamat untuk Rabu (29/6):

1. Jakarta Selatan: Lokasi Duren Tiga. Target RW 07 dan RW 02
2. Jakarta Pusat : Jalan H Hamid Harief, RW 06 RT 10
3. Jakarta Timur : Masjid Jami Al-Hikmah Hidayah, Jalan Raya Setu Cipayung Jakarta Timur dengan target RW 03 terdiri dari 9 RT.
4. Jakarta Barat : Kantor RW 01 Jalan Guru Makmun, Kelurahan Rawa Buaya
5. Jakarta Utara : Gold Coast Apartemen
6. Kabupaten Pulau Seribu: Pulau Panggang di RW 03 dan RW 02

Layanan tersebut akan dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.(eky)

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Kasus Kematian Mingguan Covid-19 di Indonesia Meningkat 31,53 Persen

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Jumlah kasus warga yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 31,53 persen dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data pemerintah, pada periode 12-18...