Senin, September 26, 2022
BerandaNewsMetropolitanDilarang Beli Pertalite, Mobil Jenis Ini Bakal Disuruh Pakai Pertamax Cs!

Dilarang Beli Pertalite, Mobil Jenis Ini Bakal Disuruh Pakai Pertamax Cs!

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pemerintah belum juga mengumumkan kriteria kendaraan yang nantinya dilarang mengkonsumsi Pertalite lagi. Namun belakangan terungkap, mobil di atas 1.500 yang bakal dilarang lagi ‘minum’ Pertalite. Sedangkan mobil di bawah 1.500 cc masih bisa beli Pertalite.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Jika tidak ada ubahan, itu artinya mobil-mobil di atas 1.500 cc diharuskan mengkonsumsi BBM nonsubsidi. Kalau di Pertamina BBM nonsubsidi ini jenisnya Pertamax danPertamax Turbo. Kemudian untuk mobil diesel maka jenis BBM-nya Dexlite dan Pertamina Dex. Untuk jenisnya cukup beragam. Misalnya Toyota yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin dari mulai model pikap seperti Toyota Hilux 2.0, Alphard, Kijang Innova Vellfire, Fortuner. Camry, hingga Toyota Supra.

BACA JUGA: Pengumuman! Mulai September 2022, Mobil di Atas 1.500 cc Dilarang Beli Pertalite

Sedangkan Mitsubishi sekarang mobil penumpang di atas 1.500 cc didominasi menggunakan mesin berbahan bakar diesel. Adapun penjualan model lawas Pajero Sport V6 3.000 cc sudah dihentikan sejak tahun 2016.

Brand-brand mewah seperti Mercedes-Benz, Lexus, Audi, Mini Cooper, dan BMW mayoritas sudah menggunakan mesin bensin di atas 1.500 cc. Untuk BMW X1 dan X2 saja kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc. Masih ada juga beberapa model lain yang menggendong mesin di atas 1.500 cc.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sendiri mencatat ada 6-7 juta kendaraan dengan spesifikasi mesin 1.500-2.000 cc yang sejatinya tidak mengkonsumsi BBM Pertalite.

“Mobil-mobil yang kelas 1.500-2.000 cc itu di atas 6-7 juta. Nah ini kelompok-kelompok yang kalau kita bisa mobil bisa mestinya bisa membeli BBM nonsubsidi,” ungkap Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman dikutip dari detikcom.

Untuk memudahkan distribusi BBM subsidi, Pertamina saat ini tengah meminta para pengguna Pertalite untuk mendaftarkan diri ke laman subsiditepat.mypertamina.id.

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Ketua hingga Komisaris MK dan Karyawan BUMN Dilarang Gabung Timses Pemilu 2024

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) hingga komisaris dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilarang bergabung sebagai pelaksana dan tim kampanye...