Kamis, Desember 9, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanDemo Buruh Tolak Omnibus Law di Gedung DPR, 2.295 Personel TNI-Polri Dikerahkan

Demo Buruh Tolak Omnibus Law di Gedung DPR, 2.295 Personel TNI-Polri Dikerahkan

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Demo buruh tolak Omnibus Law kembali dilanjutkan oleh massa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Sebanyak 2.295 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut yang rencananya akan berlangsung di depan Gedung DPR, Senin (9/11) hari ini.

BACA JUGA: Demo Buruh Tolak Omnibus Law, Massa Bergerak Kepung DPR

Presiden Joko Widodo diketahui telah meneken Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“2.295 personel gabungan TNI, Polri, dan Dishub,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Senin (9/11).

Dilansir dari CNNIndonesia.com, massa buruh yang akan mengikuti aksi demo tolak Omnibus Law diperkirakan sebanyak 1.000 orang. Mereka rencananya akan mulai berunjuk rasa sekitar pukul 10.30 WIB.

Elemen buruh yang akan ikut dalam aksi demo kali ini yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan KSPI Andi Gani (KSPI AGN).

“Menuntut dibatalkannya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja melalui mekanisme legislative review dan kenaikan upah minimum 2021,” kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangan tertulis, Minggu (8/11) malam.

BACA JUGA: Demo Buruh dan Ormas Islam Hari Ini, Polri Ingatkan Agar Tertib dan Damai

Aksi demontrasi kali ini merupakan lanjutan dari aksi mereka pada Senin (2/11) lalu yang digelar di kawasan Patung Arjunawiwaha atau Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Selain aksi demo, saat itu KSPI dan KSPSI AGN juga turut mengantarkan surat kepada Mahkamah Konstistusi (MK) sebagai pengingat akan tuntutan buruh.

Namun, ternyata di hari yang sama Presiden Joko Widodo telah menandatangani UU Cipta Kerja. Setelahnya, perwakilan dua serikat buruh itu pun langsung mengajukan permohonan tinjauan yudikatif (judicial review) pada Selasa (3/11). (Ian)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily