Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanCara Ganjar Pranowo Turunkan Angka Inflasi di Jateng, Kini Jadi 4,28 Persen!

Cara Ganjar Pranowo Turunkan Angka Inflasi di Jateng, Kini Jadi 4,28 Persen!

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut inflasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Juni 2022 lalu turun. Berdasarkan angka inflasi Jateng turun 0,69 persen dari bulan sebelumnya 4,97 persen menjadi 4,28 persen.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan ada sejumlah cara yang dijalankan olehnya untuk menurunkan angka inflasi. Salah satu caranya dengan optimalisasi kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan komunikasi intens dengan Bank Indonesia (BI).

BACA JUGA: Menakar ke ‘Sahihan’ Prediksi Willy Aditya Vs Rocky Gerung soal Ganjar

“Teman-teman di tim pengendali inflasi, TPID, kita minta untuk berjaga-jaga. Kita dengan Bank Indonesia selalu komunikasi terus menerus dan kemudian indikator-indikator yang menurunkan inflasi betul-betul kita pelototi,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).

Selain itu, pihaknya turut mengajak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jateng melakukan intervensi terkait pengendalian harga komoditas. Khususnya cabai dan bawang merah, sehingga harganya di pasaran tidak naik.

Ia menjelaskan, pihaknya juga berupaya untuk mengendalikan harga bawang putih untuk menekan inflasi. Pasalnya harga bawang putih rawan mengalami kenaikan karena produksinya masih lebih rendah. Untuk mengatasi hal itu, Pemprov Jateng berencana akan melakukan kunjungan ke Tegal untuk menggenjot produksi bawang putih.

“Karena itu Jumat kami akan datang ke Tegal. Kami kerja sama juga dengan BI. Di sana akan kita dorong peningkatan produk bawang putih karena komoditas ini rentan. Kalau produksi kita tambah, kebutuhan dalam negerinya gapnya tidak terlalu tinggi, maka ini akan bisa kita kendalikan,” ujar Ganjar dikutip dari detikJateng.

Untuk mengurai masalah tersebut, pihaknya juga menyiapkan aplikasi untuk memberikan data informasi harga hingga supply komoditas tersebut.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Cerita Roy Citayam Fashion Week, Dulu Dapat Rp 5 Juta Sehari Kini Sepi Tawaran

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Citayam Fashion Week yang sempat menjadi fenomena kini tidak lagi eksis. Kawasan Dukuh Atas yang menjadi lokasi fashion show di...