Senin, November 29, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanBNPB Lakukan Pembekalan untuk Tingkatkan kapasitas fasilitator daerah

BNPB Lakukan Pembekalan untuk Tingkatkan kapasitas fasilitator daerah

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pembekalan untuk meningkatkan kapasitas fasilitator daerah. Dalam menjalankan sistem peringatan dini dan manajemen penanganan bencana.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers BNPB yang diterima di Jakarta, Jumat. Direktur Peringatan Dini BNPB Afrial Rosya mengatakan bahwa sasaran program pembekalan fasilitator daerah tahun 2021 meliputi tujuh wilayah administrasi tingkat kabupaten. ​​​​​​

Baca Juga: Rutan Bantul-BNPB Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Kebakaran

Menurut dia, pembekalan fasilitator akan berfokus di daerah sepanjang bantaran Bengawan Solo. Karena merupakan daerah yang rawan banjir seperti Kabupaten Wonogiri, Magelang, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Lamongan, dan Tuban.

“Saat ini tercatat peserta pembekalan fasilitator daerah berjumlah 21 orang berasal dari BPBD dan NGO,” katanya.

“Ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan jiwa kerelawanan. Serta peranan fasilitator dalam memfasilitasi penyelenggaraan sistem peringatan dini bencana di wilayahnya,” ia menambahkan.

Baca Juga: BNPB Sebut Dampak Hujan dengan Intensitas Tinggi di Konawe Utara

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi menekankan pentingnya penyelenggaraan sistem peringatan dini bencana. Yang efektif dan masif di setiap tingkatan mulai dari tingkat desa, kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Ia mengatakan, Rencana Induk Penanggulangan Bencana 2020-2024 menargetkan pewujudan masyarakat Indonesia yang tangguh bencana.

Tangguh dalam hal ini dimaknai mampu menahan, menyerap, mengadaptasi, dan memulihkan diri. Khususnya dari dampak bencana atau pun perubahan iklim secara tepat waktu, efektif, dan efisien.

Baca Juga: Bamsoet Soroti Daerah Belum Lakukan Penyerapan Anggaran Covid dan Tanggapi Pernyataan BNPB

“Penyelenggaraan sistem peringatan dini berbasis masyarakat menjadi pilihan yang paling tepat. Apalagi untuk dijalankan dalam rangka meningkatkan peran serta kapasitas masyarakat merespons peringatan dini yang disampaikan oleh pemerintah,” demikian Prasinta Dewi.(nd3)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR