Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanBeli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina, Begini Kata Pengamat

Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina, Begini Kata Pengamat

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Rencana Pertamina memperketat pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi Pertalite dan Solar hingga LPG 3 Kg akan mulai berlaku 1 Juli 2022 dengan aplikasi myPertamina. Menurut pengamat, kebijakan ini akan menyulitkan masyarakat yang hanya punya ponsel tua, tidak punya smartphone dan tidak tersedia jaringan internet.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pakar teknologi dan informatika Abimanyu Wachjoewidajat menilai aturan tersebut walau disebutkan penggunaan aplikasi myPertamina ini tidak wajib, sebab pengguna bisa melalui situs untuk mendapatkan QR Code.

BACA JUGA: Simak! Ini Daftar Sepeda Motor yang Dilarang Minum Pertalite

“Tetapi solusi ini tidak tepat sasaran, mengingat pendataan ini mengarah kepada status sosial yang berhak subsidi berarti kalangan bawah. Dengan mengharuskan mereka registrasi ataupun menggunakan aplikasi My Pertamina jelas bahwa kalangan bawah jadi diwajibkan mempunyai ponsel yang memadai dan smartphone seperti itu tidak murah,” ujar Abimanyu dilansir dari detikINET, Kamis (30/6/2022).

Lebih lanjut, Abimanyu menambahkan, persoalan tersebut juga memaksa masyarakat jadi harus minimal berlangganan membeli kuota internet.

“Jadi, program ini di satu sisi ingin mengarah kepada membutuhkan. Tetapi di sisi lain orang yang dibantu tersebut harus menjadi konsumtif dalam dunia digital,” ungkapnya.

Hal yang menjadi perhatian selanjutnya ketersediaan akses internet di Indonesia yang belum merata. Sedangkan kebutuhan BBM jadi buruan di seluruh penjuru daerah Tanah Air.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...