Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaNewsMetropolitanBegini Penjelasan Dokter soal Ciri-ciri Daging Kurban Terkena PMK

Begini Penjelasan Dokter soal Ciri-ciri Daging Kurban Terkena PMK

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Adha banyak masyarakat yang membeli hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan domba untuk dijadikan hewan kurban. Namun, merebaknya wabah PMK membuat masyarakat bingung bagaimana cara memilih hewan kurban yang tepat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Menurut Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022 dijelaskan bahwa hewan kurban yang memiliki gejala klinis ringan, seperti lepuh ringan pada celah kuku, kondisi lesu, tidak nafsu makan, dan mengeluarkan air liur berlebih, sah untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

BACA JUGA: Kabar Gembira, 9000 Vaksin PMK Sudah Didistribusikan ke Probolinggo

Berdasarkan hal tersebut, hewan kurban yang memiliki gejala klinis ringan juga diperbolehkan untuk dikonsumsi dagingnya. Bagaimana bedanya daging yang terinfeksi PMK?

Namun, menurut Direktur Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI Dr drh Nuryani Zainuddin, M.Si masyarakat harus pintar dalam memilih daging bagian mana yang sekiranya masih layak untuk dikonsumsi.

“Dipilih-pilih aja bagian daging mana yang sebaiknya layak untuk dikonsumsi, dan yang terkena PMK ya baiknya dibuang saja,” ujar drh Nuryani pada webinar virtual, Minggu (26/6/22).

Namun, ketika akan mengonsumsi daging kurban di tengah wabah PMK, drh Nuryani menyarankan untuk mengikuti tips yang dianjurkan pemerintah.

“Hewan kurban juga biasanya kan dibikin sate, kalo dibikin sate itu kan biasanya cuman dicuci, terus dipotong lalu dibakar. Nah itu belum sesuai anjuran pemerintah,” kata drh Nuryani.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Digugat Eks Pengacara Bayar Fee Rp 15 M, Begini Respons Bharada E

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E digugat mantan kuasa hukumnya Deolipa Yumara untuk membayar fee Rp 15 miliar. Gugatan itu...