Kamis, Desember 2, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanAlfamart Tanam 100 Bibit Pohon Mangga di Sumber Mata Air Kasinan Batu

Alfamart Tanam 100 Bibit Pohon Mangga di Sumber Mata Air Kasinan Batu

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-KOTA BATU- PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) menyalurkan program corporate social responbility (CSR) berupa 100 bibit pohon mangga. Bibit-bibit itu ditanam di sekitar sumber mata air Kasinan, Desa Pesanggrahan, Kota Batu (Jum’at, 22/10). Kegiatan itu bekerjasama dengan Pemkot Batu dan Among Tani Foundation (ATF).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Corporate Communications Regional Manajer PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk M. Faruq Asrori menuturkan, penanaman itu termasuk satu dari enam pilar CSR Alfamart, yakni Alfamart Clean & Green (kepedulian lingkungan). Dalam menjalankan CSR-nya, Alfamart mengacu pada enam pilar yakni, Alfamart Smart (pengembangan SDM), Alfamart SMEs (peningkatan UMKM), Alfamart Vaganza (pengembangan seni dan budaya), Alfamart Sport (pengembangan bidang olahraga), Alfamart Care (kepedulian kesehatan dan kelayakan hidup masyarakat).

“Bertepatan HUT ke-20 Kota Batu kami memberikan 100 bibit pohon mangga. Serta di bulan ini, Alfamart genap berusia 22 tahun,” ujar Faruq.

Genap di usia 22 tahun, Alfamart menambah target secara nasional sebanyak 22 ribu bibit pohon untuk menjalankan satu pilar CSR Alfamart Green & Clean. Semula bibit pohon yang telah disediakan sebanyak 15 ribu bibit pohon. Program penanaman itu akan terus digulirkan di beberapa tempat. Per titiknya didistribusikan 100 bibit pohon.

“Sebelumnya penanaman dilakukan di Tulungagung bekerjasama dengan DLH Kabupaten Tulungagung. Lalu di Cabang Malang bekerjasama dengan pegiat lingkungan. Ada empat titik, yakni Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Sukun, Kecamatan Blimbing, Kecamatan Kedungkandang,” papar dia.

Ditanammya bibit pohon mangga ini karena mampu menghasilkan buah yang bernilai ekonomis. Disamping menjaga kelestarian lingkungan di dekat sumber air. Serta kegiatan penghijauan ini mampu menjaga kualitas udara dari oksigen yang dihasilkan. 

Menurutnya, gerakan penghijauan ini untuk menjaga keseimbangan ekosistem agar tak merusak daya dukung lingkungan. Rusaknya daya dukung lingkungan tergambar jelas dengan datangnya banjir setiap musim hujan. Dampak dari lenyapnya area resapan air.

“Salah satu contohnya Kota Malang yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Ini persoalan dari buruknya daya dukung lingkungan. Maka perlu dipecahkan bersama. Semoga kegiatan ini bermanfaat,” ujar Faruq.

Mewakili Pemkot Batu, Kabag Hukum Kota Batu, Maria Inge menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart). Karena turut mendukung program penghijauan yang digalakkan Pemkot Batu sejak beberapa tahun lalu. Sehingga diharapkan bisa mendukung program pemerintah, khususnya di bidang pelestarian lingkungan.

“Turut mendukung program pemerintah dalam gerakan penghijauan. Terutama menunjang perlindungan sumber mata air. Karena Kota Batu menjadi penyangga ketersedian air bersih bagi daerah sekitarnya,” ungkap Inge. (wok/wan)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR