Menlu RI: Vaksin COVAX akan Tersedia Kuartal kedua 2021

  • Whatsapp
vaksin COVAX
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan keterangan pers secara virtual dari Jakarta, Rabu (13/01/2020). (ANTARA/Yashinta Difa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi mengatakan bahwa pengadaan vaksin COVID-19 melalui fasilitas global COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Vaksin (GAVI), akan tersedia lebih cepat yaitu pada kuartal kedua tahun ini.

“Kita melihat adanya tren kemajuan […] jika awalnya vaksin melalui jalur multilateral baru akan tersedia pada kuartal ketiga atau kuartal keempat, maka dalam komunikasi akhir-akhir ini (dengan WHO dan GAVI), vaksin multilateral kemungkinan besar sudah tersedia pada kuartal kedua 2021,” kata Retno kepada wartawan, Rabu dikutip dari antara.

Baca Juga

BACA JUGA: Hebat! Menlu RI Pimpin Kerja Sama Vaksin Multilateral COVAX AMC – Nusadaily.com

Untuk memperoleh akses terhadap vaksin COVID-19 dari GAVI, Indonesia yang termasuk dalam 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah akan ikut dibantu oleh negara-negara donor melalui mekanisme pendanaan COVAX AMC.

Indonesia sendiri telah menyampaikan submisi yang disyaratkan oleh Fasilitas COVAX, yaitu surat expression of interest pada 16 Oktober 2020, formulir permintaan bantuan teknis pada 27 November 2020, formulir permintaan vaksin bagian A pada 7 Desember 2020, dan dilanjutkan dengan formulir permintaan vaksin bagian B terkait indemnifikasi pada 8 Januari 2021.

BACA JUGA: LaNyalla: Vaksin Covid-19 Bisa Tekan Defisit di Bawah 3% – Imperiumdaily.com

Submisi berikutnya yang akan disampaikan Indonesia adalah formulir cold chain equipment (CCE) support request terkait kapasitas teknis penyediaan sistem pendingin vaksin pada kuartal pertama 2021.

Sebagai salah satu negara AMC, Indonesia berkesempatan mendapatkan vaksin dengan subsidi penuh untuk 20 persen dari total populasi atau sekitar 54 juta orang.

BACA JUGA: Vaksinasi Kabupaten Malang Diawali 10 Pejabat Pada Februari 2021 – Javasatu.com

Dengan penandatanganan formulir vaksin bagian B, Indonesia berkesempatan mendapatkan hingga 108 juta dosis vaksin COVID-19 dari Fasilitas COVAX.

Pengiriman vaksin dari Fasilitas COVAX akan dilakukan secara bertahap, yaitu 3 persen pada kuartal pertama 2021 dan secara proporsional kepada 92 negara AMC.(mic)

Post Terkait

banner 468x60